Fisika

Analisis Gaya Gerak Menikung Di Jalan dan Contoh Soalnya.

Sahabat sanggar, untuk materi hukum newton kelas 1 ini memang sangat banyak. Karena mamang hukum gerak yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu gerak lurus maupun gerak melingkar. Nah, kali ini saya membagikan materi tentang penerepan hukum newton pada saat gerak menikung jalan. Materi ini juga termasuk bagian dari penerapan hukum newton tentang gerak. Lebih jelasnya kita baca selanjutnya.

Baca juga :

Soal Penerapan Hukum Newton Pada Bidang Miring dan Pembahasannya.
Penerapan Hukum Newton Pada Gerak Lift Disertai Dengan Contoh Soal

Gerak Menikung Dijalan.

Saat kita berada dijalan dengan menaiki sepeda motor atau mobil dan terdapat tikungan. kita akan membelokkan setir sepeda motor kita dan menikung di tikungan tersebut, tanpa terasa sepeda motor kita bergerak miring seakan-akan hendak jatuh. Tetapi kenyataannya sepeda kita menikung tampa terjatuh, atau jika sahabat melihat motor GP.Saat ada tikungan yang tajam motor yang dikendarai mengalami kemiringan yang tajam hampir menyentuh tanah. Tetapi motor tersebut mengapa bisa demikian? Hal itu terjadi karena ada gaya-gaya yang bekerja pada motor tersebut yang menyebabkan motor tersebut tidak jatuh ke jalan.

Analisis Gerak Menikung Dijalan.

Gaya-gaya yang ada pada Gerak menikung dijalan bisa kita analisis dengan memperhatikan pada gambar berikut :

contoh soal penerapan hukum newton

Dari gambar diatas dapat kita simpulkan bahwa terdapat dua komponen gaya yang bekerja yaitu komponen gaya sumbu X dan komponen gaya sumbu Y. untuk komponen gaya yang bekerja pada sumbu X atau sumbu horizontal persamaan sabagai berikut :

X adalah N sin θ = m v2/r => N = mv2/r sin θ Sedangkan untuk komponen Y adalah N coss θ = m v2/r => N = mg/ cos θ

Kedua persamaan diatas jika kita subtitusikan menjadi suatu persamaan adalah :

mv2/r sin θ = mg/cos θ
mv2 cos θ = mgr sin θ
v2 cos θ = gr sin θ
v2 = gr sin θ/cos θ
v2 = gr tan θ
v = √gr tan θ

Persamaan di atas merupakan persamaan kecepatan maksimum yang boleh dimiliki mobil atau motor jika menikung di tikungan tajam agar tidak jatuh di lintasan tikungan tersebut

Contoh Soal Penerapam Hukum newton saat bergerak menikung jalan

Sebuah pembalap motor GP bergerak di lintasan yang memiliki tikungan tajam. Motor GP tersebut mengalami kemiringan 30 derajat, jika percepatan gravitasi adalah 10 ms-2. jika jari-jari lintasan adalah 60 m. berapakah kecepatan maksimum yang harus dimiliki Motor GP tersebut agar pengendaranya tidak terpental jatuh.

Pembahasan :

Dari soal di atas kita harus mencari kecepatan maksimum agar motor GP tidak terjatuh. Untuk mencari kecepatan maksimum dari motor tersebut adalah sebagai berikut :

Diketahui :

Sudut kemiringan motor GP (θ)= 30o
Percepatan gravitasi (g) = 10ms-2.
Jari -jari jalan (r) = 60 m

Ditanya :

Percepatan maksimum …?

Jawab :

Kecepatan maksimum adalah v2 =√ gr tan θ

v2 = gr tan θ
v2 = 10. 60 tan 30
v2 = 600 .0,57
v2 = 346,410
v = 18,6 m/s

Dimikianlah penjelasan mengenai penerapan hukum newton : gerak pada tikungan jalan, analisis beserta contoh soalnya. Semoga bisa bermnfaat. Kritik dan saran dapat ditulis dikomentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: