Soal SD

Anggota, Penyajian, dan Contoh soal Himpunan

contoh soal himpunan Pernakah sahabat membentuk suatu kelompok dikelas. Entah itu kelompok belajar maupun kelompok bermain. Secara tidak sadar sahabat sanggar sudah memberikan contoh yang nyata tentang konsep himpunan. Apa itu himpunan? Bagaimana membuat sebuah himpunan? Nah, kali ini saya akan membagikan artikel tentang himpuan anggota himpunan penyajian himpunan dan contoh soal himpunan. Dilasir dari buku nasional dan dijelaskan secara sederhana yang disertai dengan contoh soalnnya agar sahabat sanggar bisa memahami dengan mudah.

 

Baca juga :

Soal Bab Bilangan disertai Pembahasannya SMP Kelas 7
Operasi Penjumlahan Bilangan Pecahan SMP Kelas 7 dan Contohnya.

Himpunan.

Jika sobat membentuk suatu kelompok maka sobat telah membentuk sebuah himpunan. Jadi apa himpunan itu? Himpunan sering diartikan sebagai kelompok, kelas, sekumpulan dan sebagainya. Tetapi tidak semua kumpulan termasuk himpunan. Berikut adalah bebrapa contoh yang termasuk himpunan dan bukan himpunan.

Kelompok yang termasuk himpunan, Kumpulan siswa yang mendapatka nilai matematika diatas 70
Kelompok siswa yang lahir dibulan agustus, Kumpulan siswa laki-laki, Kumpulan siswa perempuan
Sedangkan Kelompok yang bukan termasuk himpunan misalnya kelompiok siswa yang pandai, kelompok siswa yang tidak pandai, kumpulan kota besar dan sebagainya.

Dari data himpunan himpunan dan bukan termasuk himpunan dapat kita simpulkan bahwa yang termasuk himpunan kelompok yang memiliki data yang pasti, sedangkan kumpulan yang memiliki data yang tidak pasti bukan termasuk himpunan. Kalau menurut sahabat bagaimana?

Anggota Himpunan.

Himpunan memiliki anggota dan juga tidak memiliki anggota. Anggota himpunan biasanya dilambangkan dengan ϵ dan jika bukan anggota maka ditulis dengan lamabang ϵ dicoret. Berikut ini salah satu contoh dari himpunan dengan anggotanya.

Himpunan sayuran adalah sawi, terong, timun, kubis, ikan, daging :

Dari pernyataan diatas dapat kita tulis termasuk anggota himpunan sayuran adalah {sawi, terong, timun, kubis,} sedangkan yang bukan anggota himpunan sayuran adalah ikan dan daging.

Penyajian Himpunan.

Himpunan juga dapat disajikan dalam sebuah data tanpa mengubah sifat dari himpunan tersebut. Ada tiga cara penyajian himpunan yaitu :

1.Enumerasi.

Penyajian dengan emnumerasi merupakan penyajian himpunan dengan menyebutkan semua anggota dari himpunan tersebut. Dalam penyebutan himpunan ini diberi tanda kurung kurawal {}. seandainya dalam penyebutan semua anggota nya terlalu banyak, maka diberi titik 3 daibelakang anggotanya (…)
Contoh G = {1,2,3,4} atau H = {1,2,3,4…}

2.Menulis sifat yang Dimiliki Anggotanya.

Penyajian himpunan juga dapat disajikan dengan penyajian siifat-sifat anggotanya. Misalnya kita menyebutkan sifat anggota bagian dari himpunan tersebut dengan spesifik. Contohnya himunan yang anggotanya bilangan prima antara 1 dan 20. himpunan bilangan 1 sampai 8.

3.Penyajian Himpunan dengan Notasi Pembentuk Himpunan.

Penyajian himpunan yang ke tiga adalah penyajian himpunan dengan Notasi pembentuk himpunan tersebut. Biasanya notasi pembentuk himpunan adalah {X l P(x)}. dapat dijelaskan, X memiliki arti sebagai perwakilan dari anggota dari himpunan tersebut. P(x) memiliki arti syarat yang harus terpenuhi oleh x agar bisa menjadi anggota dari himpunan tersebut simbol x juga bisa diganti dengan simbol q, y,z atau variable yang alin. Contoh dari penyajian himpunan dengan bentuk notasi adalah himpunan A = {-1,0, 1,2,3,4} maka himpunan A dapat disajikan dalam bentuk sebagai A = {X l -2

Contoh Soal Himpunan.

1.Apa yang dimaksud dengan Himpunan.

Pembahasan : himpunan merupakan sekumpulan, kelompok, kelas, dan lainnya.

2.Sebutkan 3. contoh data yang termasuk himpunan.

Pembahasan ; Himpunan siswa kelas 7A, himpunan sisiwa kelas 7B yang tidak remidi, himpunan sayuran.

3.Sebutkan 3 contoh kumpulan yang bukan termasuk himpuan

Pembahasan : kumpulan kata-kata indah, kumpulan danau besar, kumpulan siswa berambut bagus

4.Himpunan buah-buahan sebagai berikut apel, roti, salad, manggis, pepaya, burger. Nyatakan anggota dan bukan anggota dari himpunan tersebut.

Pembahasan : anggota himpunan buah-buahan = apel, salad, manggis, pepaya, sefdangkan yang bukan anggota himpunan buah-buahan = roti dan burger

5.Tentukan notasi himpunan dari himpunan B ={-2,-1,0,1,2,3,4,5}

Pembahasan : notasi dari himpunan diats adalah Himpunan B = (x l -3 < x < 6 dari x ϵ bilangan asli}

Demikianlah penjelasan mengenai himpunan bilangan. Semoga bermanfaat :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: