ipa, SMP, Soal SMP/MTS

Besaran Pokok, Jenis-jenis Besaran Pokok dan Contoh Soalnya.

Di bab sebelumnya kita sudah mempelajari tentang pengukuran. Nah, sekarang kita akan mempelajari tentang besaran. Kalian tahu apa itu besaran? Besaran merupakan sesuatu yang dapat diukur dan hasilnya merupakan angka-angka. Sekarang kita akan mempelajari tentang besaran pokok, alat-alat ukur besaran pokok serta contoh soalnya.

baca juga :

Alat-alat Ukur Besaran Pokok Serta bagiannya.
Dimensi Besaran dan Cara Analisisnya.
Pengamatan, Pengukuran, Objek IPA dan Contoh Soal.

Besaran Pokok.

Dalam dunia, banyak sekali benda yang dapat diukur mulai dari benda makro sampai ke benda miro, dan segala aktivitasnya semua itu dapat dukur. Kita tahu untuk megukur waktu tidak sama dengan mengukur jarak maka oleh karena itu dibuat lah besaran-besaran pokok beserta satuannya. Apa itu besaran pokok? Besaran poko merupakan besaran yang memiliki satuan yang telah disepakati secara SI. Berikut 7 besaran pokok yang ada telah disepakai oleh internasional.

Jenis-jenis Besaran pokok

1.Besaran Panjang.

Besaran panjang merupakan salah satu besaran pokok yang menyatakan jarak antar dua titik. Misalnya panjang sebuah bangku sekolah, panjang dari bangku sekolah merupakan jarak antara titik ujung satu dengan ujung yang lain. Satuan dari besaran pokok panjang adalah meter ini sudah sesui dengan standar baku (SI).
Satuan meter dalam standar SI merupakan jarak cahaya yaitu 1/299.782.458 sekon.

2.Massa.

Besaran yang kedua adalah massa. Besaran ini diartikan banyak partikel atau banyak materi yang terkandung dalami benda tersebut. Satuan dari besaran massa ini adalah kilogram (kg), satuan ini sudah ada dala satuan SI. Massa benda sebenarnya tidak sama dengan berat benda. Banyak orang-orang menyamakan berat benda dan massa benda. Tetapi hal itu sebenarnya berbeda, massa benda adalah banyak materi pada benda tersebut tanpa pengaruh percepatan gravitasi sedangkan untuk berat suatu benda masih dipengaruhi oleh perceptatan gravitasi. Misalnya ada sebuah benda dibumi memiliki berat 40 kg maka di bulat beratnya tidak sama dengan dibumi, karena percepatan gravitasi bulan tidak sama dengan percepatan gravitasi bumi.
Selain satuan kilogram ada juga satuan lainnya yang digunakan dalam kehidupan sehari hari misalnya seperti berikut :

1 kwintal = 100 kg
1 ton = 1000 kg
1 gram = 0,001 kg

3.Besaran waktu.

Tentu kita sudah tahu tentang salah satu besaran pokok. Waktu bisa jdapat diartikan lama sesuatu benda melakukan sesutu. Waktu memiliki satuan sekon (s) dalam SI. Satuan standar baku adalah waktu yang dibutuhkan calciu untuk bergetar dalam 9.192.631.770 kali.
Dalam kehidupan sehari-hari beragam satuan waktu yang digunakan oleh masyarakat misalnya

4. Besaran Arus Listrik.

JIka mengihupkan lampu, seketika lampu tersbut akan menyala? itu karena adanya arus listrik yang mengalir. Arus listrik termasuk dari tujuh besaran pokok. Aus listrik ini memiliki satuan SI yang disebut dengan Ampere (A) alat yang digunakan untuk mengukur arus listrik biasanya adalah Ampere meter.

5.Intensitas Cahaya

Besaran pokok ini adalah banyaknya cahaya dalam satu tempat. Biasanya intensitas cahaya diukur dengan lux meter. Satuan dari intensitas cahaya adalah candela (Cd).

6.Jumlah Zat.

Jumlah zat merupakan banyaknya mol dalam suatu larutan. Satuan dari jumlah zat adalah mol itu sendiri, hal ini sudah tercanttum dalam standar internaional.

7.Suhu.

Suhu merupakan termasuk dari tujuh besaran pokok. Suhu bisa diartikan panas atau dingin dalam suatu tempat/ruang. Satuan dari suhu adalah adalah Kelvin (K).

Contoh Soal.

1.Apakah yang dimaksud dengan besaran Pokok

Pembahasan

Besaran pokok merupakan besaran yang memiliki satuan yang telah disepakai dan sesuai dengan satuan Standar Internasional.

2.Sebutkan Macam-macam besaran pokok menurut saruan Standar Internasional

Pembahasan :

Besaran pokok yang telah ditetapkan olah SI ada tujuh yaitu massa, panjang, jumlah zat, intensitas cahaya, arus listrik, suhu, dan waktu.

3.Alat yang digunakan untuk mengukur waktu adalah

Pembahasan

4.Alat yang digunakan untuk mengukur waktu adalah…

Pembahasan :

Stopwacth

5.Dalam kehidupan sehari-hari banyak satuan massa yang digunakan. Sebutkan minimal 3

Jawab : kilogram, kwnital, ton, gram

Demikianlah penjelasan mengenai besaran pokok dan satuannya. Jika ada yang salah dalam penulisan admin mohon maaf.

Kritik dan saran dapat dikirim melalui email mail@isanggar.com atau ditulis dalam kotak komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: