Bilangan Berpangkat, mengubah, membandingkan Bilangan Berpangkat

Mengubah Bilangan Desimal Menjadi Bilangan Berpangkat.

Sahabat sanggar, pada artikel kali ini saya akan membahas tetang bilangan berpangkat, cara mengubah bilangan disimal menjadi bilanagan berpangkat dan beberapa contoh soal. Apakah sahabta sanggar tahu apa itu bilangan berpangkat? Pasti sahabat mengetahui ketika duduk di bangku SD. Disekolah dasar sering kita mengenal beilangan berbangkat, biasanya yang sering keluar disekolah dasar adalah bilangan berpangkat 2 positif. Misalnya 2 2 dibaca dua pangkat dua. Bah kali ini kita akan belajar tentang cara mengubah bilangn disimal menjadi bilangan berpangkat.

Baca juga :

Contoh Soal Pengelompokan Jenis Bilangan Pecahan Disertai Pembahasannya.
Macam-macam Bilangan Pecahan Beserta Contoh Soalnya.
Para Criptografer Menciptakan Kunci Enskripsi Komputer Kuantum

Bilangan berpangkat.

Sahabat sanggar, bialangan berpangkat juga disebut sebagai dengan eksponen. secara umum ditulis dengan ɑ b. dapat diketahui ɑ merupakan bilangan pokok atau disebut juga biolangan basis. Sedangkan b adalah bilangan pangkat positif atau bisa juga dengan bilangan berpangkat eksponen. Berikut ada beberapa contoh bilangan berpangkat positif asli :

Bilangan 2 7 jika kita uraikan 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 hasilnya adalah 128 atau
Bilangan 5 9 jika kita uraikan maka 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5 hasilnya adalah 1.953.125

Beberapa contoh bilangan berpangkat diatas adalah bilangan berpangkat positif. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara mengubah bilangan berpangkat positif menjadi bilangan desimal.

Mengubah bilangan psositif menjadi bilangan desimal.

Apakah sulit mengubah bilangan berpangkat positif menjadi bilangan desimal? Sebenar tidak terlalu sulit, jika sahabat menginginkan. Kita hanya mengubah bilangan berpangkat menjadi bentuk perkalian sebanyak nilai pangkat pada bilangan tersebut. Misalnya kita memiliki 3 4 maka kita hanya perlu mengubahnya menjadi 3 x 3 x 3 x 3 dan hasilnya adalah bilangan desimal 81. bagimana jika sebaliknya? Bagaiman jika mengubah bilangan desimal menjadi bilangan berpangkat?

Mengubah Bilangan Desimal Menjadi Bilangan Berpangkat.

Dalam mengubah bilangan yang berpangkat menjadi bialangan desimal maka kita bisa menggunakan pemfaktoran. Yaitu kita harus menentukan faktor-faktornya terlebih dahulu sebelum mengubahnya menjadi bilangan berpangkat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pemfaktoran.
Kita harus menentukan faktor-faktornya terlebih dahulu.

Faktor Bilangan.

Sebuah bilangan a merupakan faktor bilangan b jika ada sebuah bilangan n yang menjadi pengalinya sedemikian hingga a x n = b. contohnya 4 bisa dikatakan faktor dari bilangan 8 jika ada sebuah bilangan 2 sedemikian, sehingga 4 x 2 = 8. Seperti faktor bilangan tersebut kita dapat mengubah bilangan berpangkat dengan membaginya dengan bilangan yang sama secara berulang-ulang. Atau jika tahu pohon faktor, kita juga dapat menggunakan pohon faktor.

Contohnya :

81 : 3 = 27 : 3 = 9 : 3 = 3 maka dapat disimpulkan bilangan desimal 81 jika diubah kedalam bilangan berpangkat menjadi 33

Membandingkan Bilangan Berpangkat Besar.

Dibandingkan dengan bilangan desimal, bilangan berpangkat sebenarnya lebih mudah. Jika membandingkan bilangan desimal kita perlu melihat angka-angka penyusunnya. Maka untuk membandingkan bilangan berpangkat kita perlu sidikit teliti dan menghitung bilangan berpangkat tersebut. Misalnya 54 dan 45. jika kurang teliti pasti kita lensung menebak 54 lebih besar dibandingkan dengan 45 tetapi kita harus menghitungnya terlebih dahulu atau mengubahnya kedalam bentuk desimal

54 = 5 x 5 x 5 x 5 = 625 sedangkan 45 = 4 x 4 x 4 x 4 x 4 = 1024 dapat diketahui ternya 5 4 Lebih kecil dibandingkan dengan 45.

Bagaimana membadingkan bilangan berpangkat besar. Misalnya biialangan 500110
Dan 500100. jika kita menghitungnya maka saya yakin lama selesainya. Maka kita hanya, memahami bilangan tersebut seperti contoh diatas. Besar tidaknya bilangan berpangkat tergantung dari pangkatnya jika bilangan tersebut angkanya sama maka 500100 lebih kecil dibandingkan dengan 500110.

Contoh soal :

Ubahlah bilangan 5000 menjadi bilangan berpangkat

Pembahasan :

Untuk mengubah bilangan desimal menajdi bilangan berpangkat kita bagi dahulu dengan bilangan yang sama. Sebagai berikut :

Maka 5000 : 2 =2500 : 2 =1250 : 5 = 250 : 5 = 50 : 5 = 10 : 5 = 2 : 2 = 1 maka kita jadikan pangkat bilangan yang ada, dengan menghitung bilangan sama untuk menjadi pangkat seperti berikut :

2 x 2 x2 x 5 x5 x 5 x 5 kita jadikan bilangan berpangkat 23 x 54

Bandingkan dan berilah tanda <,>, atau = pada bilangan berikut 204 dan 21 3

Pembahasan :
Dalam membandingkan bilangan berpangkat kita cukup melihat pangkat pada bilangan tersebut yang lebih besar. Jika bilangan Maka dapat memiliki selisih angka kecil :
204 > 21 3

Demikianlah penjelasan tentang bilangan pangkat positif, mengubah, membandingkan bilangan, berpangkat. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan