isanggar https://isanggar.com tempat Ilmu Sains dan Wawasan Thu, 09 Jul 2020 16:14:30 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 https://i0.wp.com/isanggar.com/wp-content/uploads/2018/09/vavicon.jpg?fit=32%2C32&ssl=1 isanggar https://isanggar.com 32 32 150423838 Soal Alat Pengukuran Besaran Massa kelas X dan Pembahasannya. https://isanggar.com/soal-alat-pengukuran-besaran-massa-kelas-x-dan-pembahasannya/ https://isanggar.com/soal-alat-pengukuran-besaran-massa-kelas-x-dan-pembahasannya/#respond Thu, 09 Jul 2020 16:14:30 +0000 https://isanggar.com/?p=3073 Sahabat sanggar, kali ini kami membahas tentang soal-soal alat ukur yang khusus tentang pengukuran besaran massa untuk SMA kelas X. massa adalah jumalah atau banyak materi/partikel yang terdapat suatu benda. Massa tidak sama dengan berat. Jika berat masih dipengaruhi dengan gravitasi bumi sedangkan untuk besaran massa tidak dipengaruhi dengan gaya grafitasi bumi. Nilai massa di […]

The post Soal Alat Pengukuran Besaran Massa kelas X dan Pembahasannya. appeared first on isanggar.

]]>
Sahabat sanggar, kali ini kami membahas tentang soal-soal alat ukur yang khusus tentang pengukuran besaran massa untuk SMA kelas X. massa adalah jumalah atau banyak materi/partikel yang terdapat suatu benda. Massa tidak sama dengan berat. Jika berat masih dipengaruhi dengan gravitasi bumi sedangkan untuk besaran massa tidak dipengaruhi dengan gaya grafitasi bumi. Nilai massa di segala tempat sama. Sedangkan gaya berat masih berbeda-beda nilainya di tempat yang berbeda.

Baca juga :

Soal Alat Ukur Besaran Panjang Disertai Pembahasan
Soal Besaran Pokok dan Besaran Turunan Disertai Kunci Jawaban
Besaran Turunan, alat ukur besaran turunan dan contoh soalnya. 

Alat ukur massa sama dengan alat ukur berat hanya jika ada di bumi maka kita akan membaginya dengan percepatan gravitasi.
Soal ini kami sesuai dengan materi yang berasal dari buku paket SMA kelas X. soal ini bisa digunakan sebagai bahan belajar adik-adik di rumah. Serta dapat juga digunakan untuk bahan refrensi ulangan tentang besaran dan satuannuya.

Soal Alat Ukur Besaran Berat SMA kelas X dan Pembahasan.

1.Alat ukur besaran massa adalah

a.Neraca
b.Termometer
c.Penggaris
d.Roll meter

Pembahasan : soal di atas soal tentang alat ukur besaran. Alat ukur besaran dikenal dengan neraca. Jawaban yang tepat adaah a.

2. Neraca yang cara mengukur dengan menyeimbangkan anak massa dengan benda yang diukur adalah…

a.Neraca ohaus
b.Neraca dua lengan
c.Neraca duduk
d.Neraca digital

3. Sebuah neraca dua lengan menimgbang emas. Ternyata anak timabangan menunjukkan 2 gr, 3 gr dan 6 gr. Maka berapa massa benda yang diukur?

a.11 g
b.12 g
c.13 g
d.14 g

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang bagaimana cara mengukur suatu massa dengan neraca dua lengan. Maka hasil dari penjumlahan dari massa tersebut adalah 2 gr + 3 gr + 6 gr = 11gr

4.Neraca yang menggunakan skala seperempat lingkaran dalam pengukurannnya adalah…

a.Neraca ohaus
b.Neraca langkah
c.Neraca 2 langakh
d.Neraca elektronik

Pembahasan : Neraca yang memilki skala yang melingkar membentuk setengah lingkaran adalah jenis neraca langkah.

5.Neraca yang digunakan sabagai menimbang massa benda. Dengan cara menggeser anak timbangan disebut dengan neraca.

a.Neraca ohaus
b.Neraca elektronik
c.Neraca langkah
d.Neraca dua lengan

Pembahasan : soal di atas adalah ciri-ciri dari neraca ohaus. Maka jawaban yag tepat adalah a.

6. Perhatikan gambar di bawah ini :

soal alat ukur besaran massa fisika

Gambar di atas adalah gambar dari jenis neraca :

a.Neraca ohaus
b.Neraca elektronik
c.Neraca langkah
d.Neraca dua lengan

Pembahasaan : gambar di atas adalah gambar jenis neraca dua lengan maka jawaban yang tepat adalah b.

7.Perhatikan gambar berikut

soal alat ukur besaran massa fisika

Gambar bagian yang dari neraca di atas disebut:

a.Lengan neraca
b.Anak timbangan digeser
c.Tempat benda yang ditimbang
d.Tempat anak timbangan

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang bagimana cara untuk menyebut bagian dari gambar neraca di atas. Maka bagian nomor tiga adalah lengan timbangan

8. gambar pada soal nomor 7 di atas, nomor 2 disebut dengan…

a.Lengan neraca
b.Anak timbangan digeser
c.Tempat benda
d.Tempat anak timbangan

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang bagaimana cara menyebutkan banda-benda dari yang dirunjukkan nomor7 diatas. Maka jawaban yang benar adalah tempat benda

9.Neraca yang menggunakan listrik dapat digunakan secara instant disebut dengan neraca…

a.Neraca langkah
b.Neraca electronik
c.Spekometer massa
d.Neraca ohaus

Pembahasan : neraca yang digunakan secara mudah karena nilai lansung muncul dalam layar adalah neraca elektronik. Jawaban yang tepat adalah b.

10.Neraca yang khusus digunakan untuk mengukur massa atom atau partikel lainya disebut…

a.Neraca 2 lengan
b.Neraca electronik
c.Spekometer massa
d.Neraca ohaus

Pembahasan : neraca yang sering digunakan sebagai alat untuk mengukur besar massa atom, massa electron dan sebagainya adalah spikometer massa. maka jawaban yang tepat adalah c.

The post Soal Alat Pengukuran Besaran Massa kelas X dan Pembahasannya. appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/soal-alat-pengukuran-besaran-massa-kelas-x-dan-pembahasannya/feed/ 0 3073
Soal Konversi Kecepatan Kelas 5 SD dan Pembahasannya https://isanggar.com/soal-konversi-kecepatan-kelas-5-sd-dan-pembahasannya/ https://isanggar.com/soal-konversi-kecepatan-kelas-5-sd-dan-pembahasannya/#respond Tue, 07 Jul 2020 14:49:58 +0000 https://isanggar.com/?p=3063 Sahabat sanggar, kali ini kami akan membagikan soal-soal mengerjakan tentang kecepatan untuk kelas 5 SD. Kecepatan itu sendiri adalah pertambahan jarak dalam setiap waktu. Kecepatan merupakan salah satu besaran turun yang berasal dari besaran panjang dan besaran wktu. Rumus kecepatan adalah jarak dibagi waktu. Kecepatan memiliki satuan meter per sekon. Kecepatan terjadi didalam kehidpan sehari-hari, […]

The post Soal Konversi Kecepatan Kelas 5 SD dan Pembahasannya appeared first on isanggar.

]]>
soal kecepatan kelas 5 SD

Sahabat sanggar, kali ini kami akan membagikan soal-soal mengerjakan tentang kecepatan untuk kelas 5 SD. Kecepatan itu sendiri adalah pertambahan jarak dalam setiap waktu. Kecepatan merupakan salah satu besaran turun yang berasal dari besaran panjang dan besaran wktu. Rumus kecepatan adalah jarak dibagi waktu. Kecepatan memiliki satuan meter per sekon. Kecepatan terjadi didalam kehidpan sehari-hari, bisasnya kecepatan sepeda motor, kecepatan mobil dan sebagainya.

Baca juga :

Soal Mengubah Satuan Panjang Kelas 5 SD dan Pembahasan.
Soal Cerita Konversi Waktu Kelas 5 SD Disertai Dengan Pembahasan.
Soal Kecepatan (Konversi Waktu) Kelas 5 SD dan Pembahasan

Perbandingan kecepatan itu sendiri yaitu kecepatan berbanding lurus dengan jarak (panjang) dan berbanding terbalik dengan waktu yang diperlukan. Persamaan kecepatan sebagai berikut :

 

soal kecepatan kelas 5 SD

Keterangan :
V = kecepatan (m/s)
S = jarak (m)
t = waktu (s)

Berikut ini kami membagikan soal-soal kecepatan untuk kelas 5 SD yang di Sertai Pembahasan. Soal ini telah disesuaikan dengan kompetensi dasar yang kurikukum 2013. sehingga soak ini sangat cocok untuk dijadikan bahan belajar di saat berada dirumah. Soal ini juga dapat digunakan sebagai refrensi ulangan harian atau tugas guru.

Soal Kecepatan Kelas 5 SD dan Pembahasan

1.Kecepatan mobil 144 km/jam jika dikonversikan ke dalam meter/menit hasilnya adalah…

A.4 m/s
B.6 m/s
C.8 m/s
D.10 m/s

Pembahasan : soal di atas adalah soal untuk mencari Konversi kecepatan dari kilometer per jam ke meter per sekon. Maka jawabannnya adalah 144 km/jam = 144 x 1000/3600 meter/sekon = 4 meter/sekon

2.Konversikan daklm meter per sekon kecepatan anak berlari dengan kecepatan 18 km/jam.

A.1/2 m/s
B.1/3 m/s
C.1/4 m/s
D.1/5 m/s

Pembahasan : soal nomor 2 di atas adalah soal tentang pengkonversian sama halnya dengan soal nomor 1. konversi dari 18 km/ jam ke meter/sekon adalah 18 km/jam = 18 x 1000/3600 m/s = 1/2 m/s

3.Seorang anak berlari menempuh jarak 2 km dalam waktu 30 menit. Berapa kecepatan anak tersebut dalam satuan kilometer per jam.

A.4 km/jam
B.6 km/jam
C.8 km/jam
D.10 km/jam

Pembahasan : soal di atas adalah soal mencari kecepatan anak saat berlari. Maka untuk menyelesaikannya kita akan menggunakan rumus kecepatan. Rumus Kecepatan = jarak dibagi dengan waktu. Pertama-tama kita ubah dahulu menit ke dalam bentuk jam maka 30 menit = 30/60 jam = 1/2 jam.

soal kecepatan kelas 5 SD

Jadi kecepatan anak tersebut adalah 4 km/jam

4.Seorang ojek online mengantar pesanan makanan dengan kecepatan 20 km/jam jika jarak yang ditempuh toko pesanan ke pembeli adalah 15 km berapa lama waktu yang diperlukan ojek online mengantarkan pesanan?

a.3/4 jam
b.5/4 jam
c.7/4 jam
d.9/4 jam

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang mencari waktu yang duperlukan untuk tukang ojek sampai mengantarkan pesanannya. Maka kita akan menggunakan rumus kecepatan untuk mengerjakannnya. Seperti berikut ini :

soal kecepatan kelas 5 SD

Dengan rumus di atas dapat kita kerjakan t = 15/20 = 3/4 jam

5.Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 75 km/jam dalam waktu 20 menit. Maka jarak yang ditempuh mobil tersebut?

A.1/2 jam
B.1/3 jam
C.1/4 jam
D.1/7 jam

Pembahasan : soal tersebut adalah soal tentang mencari jarak tempuh mobil. Untuk mencari jarak tempuh maka sebagai berikut :

soal kecepatan kelas 5 SD

Pertama-tama kita harus menyamakan satuan setiap besaran dahulu. Yaitu menit dikonversikan dalam bentuk jam 20 mwnit = 20/60 jam = 1/3 jam

Maka S= 75 x 1/3 jam = 25 km

6.Sebuah bus antar provensi melaku kencang dengnan kecepatan 80 km/jam. Jika jarak kota A dan kota B adalah 120 km berapa lama waktu yang diperlukan untuk bus dari kota A sampai ke kota B?

A.3/2 jam
B.3/4 jam
C.3/5 jam
D.3/7 jam

Pembahasan : soal di atas adalah soal mencari waktu perjalanan bus dari kota A ke kota B sama halnya dengan soal nomor 4. maka :

soal kecepatan kelas 5 SD

Jawabannya adalah t= 120/80 = 3/2 jam

The post Soal Konversi Kecepatan Kelas 5 SD dan Pembahasannya appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/soal-konversi-kecepatan-kelas-5-sd-dan-pembahasannya/feed/ 0 3063
Soal Alat Ukur Besaran Panjang Disertai Pembahasan https://isanggar.com/soal-alat-ukur-besaran-panjang-disertai-pembahasan/ https://isanggar.com/soal-alat-ukur-besaran-panjang-disertai-pembahasan/#respond Sun, 05 Jul 2020 22:26:06 +0000 https://isanggar.com/?p=3056 Sahabat sanggar, besaran fisika adalah segala sesuatu yang dapat di ukur yang terdapat di dunia ini. Terdapat 7 besaran pokok yang ada di dunia ini yang telah disetujui oleh dunia internasional yaitu panjang, massa, waktu, jumlah zat, intensitas cahaya, arus listrik. Besaran memilki beberapa satuan yang selalu mengikuti besaran tersebut. Seperti besaran massa yang memilki […]

The post Soal Alat Ukur Besaran Panjang Disertai Pembahasan appeared first on isanggar.

]]>
Sahabat sanggar, besaran fisika adalah segala sesuatu yang dapat di ukur yang terdapat di dunia ini. Terdapat 7 besaran pokok yang ada di dunia ini yang telah disetujui oleh dunia internasional yaitu panjang, massa, waktu, jumlah zat, intensitas cahaya, arus listrik. Besaran memilki beberapa satuan yang selalu mengikuti besaran tersebut. Seperti besaran massa yang memilki satuan kilogram atau besaran panjang yang memilki satuan meter. Setiap besaran dapat diukur dengan alat-alat khusus besaran itu sendiri. Misalnya besaran massa dapat dukur dengan neraca dua lengan, neraca ohaus dan seagainya.

Baca juga :

Besaran Turunan, alat ukur besaran turunan dan contoh soalnya.
Alat-alat Ukur Besaran Pokok Serta bagiannya.
Kumpulan Latihan Soal Bab Pengukuran

Agar lebih memahami tentang besaran maka kami akan membagikan soal-soal tentanf alat-alat ukur besaran pokok yang disetai dengan pembahasannya. Soal ini berdasarkan materi dari buku mikrajuddin yang disesuaikan dengan kompetensi dasar kurukulum 2013. serta dibahas dengan sedarhana agar sahabat bisa memahaminya..

Soal-akat Ukur Besaran unruk kelas X SMA dan Pembahasannya.

1.Berikut ini adalah alat untuk mengukur pajang benda kecuali…

a.Mikrometer skrup
b.Mistar
c.Jangka sorong
d.Neraca dua lengan

Pembahasan : alat-alat ukur besaran panjang yaitu penggaris/mistar. jamgka sorong, meteran roll, mikrometer skrup. Maka jawaban yang tepat untuk soal adalah neraca dua lengan.

2.Ketelitian pengukuran yang dimiliki jangka sorong adalah…

a.0,01
b.0,02
c.0,03
d.0,04

Pembahasan : soal di atas adalah soal untuk mencari ketelitian yang dimiliki oleh jangka sorong yaitu 0,1 hingga 0,02.

3.Perhatikan gambar disamping. Gambar di samping aalah gambar jenis alat ukur besaran …?soal alat ukur besaran panjang

a.Mikrometer skrup
b.Mistar
c.Jangka sorong
d.Meteran

Pembahasan : gambar di samping adalah mistar/penggaris. Maka jenis alat ukur disamping adalah jenis mistar atau penggaris.

4.Jangka sorong memilki dua skala yaiu skala utama dan skala …

a.Skala utama
b.Skala nonius
c.Skala skunder
d.Skala pendukung

Pembahasan : skala jangka sorong ada dua yaitu skala utama, skala ynag tetap pada jangka sorong tersebut dan skala nonius yaitu skala yang dapat digeser pada jangka sorong. Maka jawaban yang tepat adalah skala nonius.

5.Skala terkecil yang dimiiki oleh mistar adalah…

a.1 mm
b.2 mm
c.3 mm
d.4 mm

Pembahaasan : skala terkevil yang dimilki penggaris adalah 1 mm

6.Skala nonius jangka sorongmenunjukkkan 0,7 dan skala utma yang dilewati nol adalah 12 mm. Maka panjang benda tersebut adalah…

a.11,7 mm
b.12,7 mm
c.13,7 mm
d.14,7 mm

Peembahasan : soal di atas adalah soal tentang mencari panjang benda saat diukur dengan jangka sorong. Maka untuk mengetahui panjang benda adalah 12 m + 0,7 mm = 12,7 mm.

7.Alat ukur panjang yang memilki ketelitan lebih akurat dari pada jangka sorong adalah…

A.Mkrometer skrup
B.Roll meter
C.Mistar
D.penggaris

Pembahasan : alat ukur yang memilki ketelitian lebih akurat dari pada jangaka sorong adalah milrometer skrup dengan ketelituan 0,01 mm.

8.Skala yang dimilki mekrometer sekrup adalah skala … dan ….

a.skala geser dan skala putar
b.skala tetap dan skala putar
c.skala tetap dan skala pendek
d.skala utama dan skala putar

Pembahasan : skala pada mikrometer skrup adalah skala utama atau skala tetap dan skala putar.

9.Perhatikan gambar dibawah ini :

soal alat ukur besaran panjang
Image by : mikrajuddin

Panjang benda yang diukur dalam mikrometer skrup adalah….

a.4,45 mm
b.4,55 mm
c.4,65 mm
d.4,75 mm

Pembahasan : dari soal di atas dapat dilihat bahawa sekal tetap berimpit dengang skala putar tetapat pada skala nol. maka hasil pada skala utama adalah 4,5 mm. Sedangkan pada skala putar menunjukkkan 5 maka kita kalikan dengan ketelitian terkecil mikrometer skrup. Seperti berikut
5 x 0,01= 0,05. hasilnya adalah 4,5 + 0,05 = 4,55 mm

10.Sebuah diukur dengan mikrometer skrup. Skala tetap paa mikrometer tersebut berimpit menunjukkan dengan sekala putar dan menunjukkan 5,2.sedangkan skala putar berimpit dengan skala utama menunjukkan angka 6. berapakan panjang benda?

A.5,05 mm
B.5,15 mm
C.5,25 mm
D.5,35 mm

Pembahasan : soal di atas soal untuk mencari panjang benda yang di ukur dengan mikrometer skrup. Maka kita tinggal menjumlahkan hasil yang telah ada. Cara mengerjakannya sama dengan soal nomor 9 maka hasilnya adalah 5, 2 + (5 x 0,01)= 5,25 mm

The post Soal Alat Ukur Besaran Panjang Disertai Pembahasan appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/soal-alat-ukur-besaran-panjang-disertai-pembahasan/feed/ 0 3056
Soal Mengubah Satuan Panjang Kelas 5 SD dan Pembahasan. https://isanggar.com/soal-mengubah-satuan-panjang-kelas-5-sd-dan-pembahasan/ https://isanggar.com/soal-mengubah-satuan-panjang-kelas-5-sd-dan-pembahasan/#respond Sat, 04 Jul 2020 16:02:26 +0000 https://isanggar.com/?p=3052 Sahabat sanggar kali sebelumnya kita telah membahas tentang mengerjakan soal cerita konversi waktu maka pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang soak-soak satuan panjang yang disertai dengan pembahasannya khusus untuk kelas 5 SD. Panjang adalah salah satu besaran pokok yang memiliki satuan meter yang telah disetujua secara internasional. Tetapi pada penerapannya banyak sekali Satuan […]

The post Soal Mengubah Satuan Panjang Kelas 5 SD dan Pembahasan. appeared first on isanggar.

]]>
Sahabat sanggar kali sebelumnya kita telah membahas tentang mengerjakan soal cerita konversi waktu maka pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang soak-soak satuan panjang yang disertai dengan pembahasannya khusus untuk kelas 5 SD. Panjang adalah salah satu besaran pokok yang memiliki satuan meter yang telah disetujua secara internasional. Tetapi pada penerapannya banyak sekali Satuan -satuan panjang. Satuan panjang dapat dikonversi satu dengan yang lain. Berikut adalah salah satu contoh satuan panjang.

Baca juga :
Soal Cerita Konversi Waktu Kelas 5 SD Disertai Dengan Pembahasan.
Soal Kecepatan (Konversi Waktu) Kelas 5 SD dan Pembahasan
Ulangan harian Operasi Perkalian/Pembagian Pecahan Kelas 5 SD

Ada beberapa satuan panjang yang biasa digunakan dalam kehiduapan sehari-hari seperti kilometer merupakan salah satu satuan panjang yang digunakan sebagai satuan untuk mengukur jarak. Sentimeter bisasnya digunakan untuk mengukur panjang pakaian atau panjang kertas. Berikut ada beberapa satuan dari panjang yang disajikan dalam tangga satuan :

soal satuan panjang kelas 5

Berdasarkan gambar di aatas bahwa setiap turun satu tingkat maka dikali dengan 10 jika naik satu tingkat maka akan dibagi dengan 10.

1 km = 1000 m
1 km = 100 dam
1 km = 10 hm

1 m = 1/ 1000 km
1 mm = 1/100 dm
1 mm = 1/10 cm

Dari ulasan materi di atas agar adik-adik lebih paham tentang satuan panjang. Kami membagikan soal konversi satuan panjang yang disertai pembahasan untuk kelas 5 SD. Soal ini disesuaikan dengan kompetensi dasar 3.3 tentang kecepatan dan debit yang megacu Berdasarkan kurikulum 2013. soal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar adik-adik. serta dapat juga digunakan sebagai refrensi ulangan atau tugas-tugas untuk kecepatan dan debit kelas 5 SD.

Soal Satuan Panjang Untuk Kelas 5 SD yang Disertai dengan Pembahasan :

1.Tentukan 12 km jika kita ubah menjadi satuan meter…

a.1100 meter
b.1200 meter
c.1300 meter
d.1400 meter

Pembahasan : jika kita hendak mengubah satuan panjang maka kita harus tahu dahulu. 1 km = 100 meter. Maka jika 2 km = 1200 meter.

2.Satuan kilometer biasanya digunakan sebagai satuan untuk pengukuran?

a.Jarak
b.Kecepatan
c.Wktu
d.berat

Pembahasan : satuan kilometer adalah salah satuan panjang yang digunakan seagai satuan jarak, atau panjnag lintasan. Karena satuan kilometer merupakan satuan yang cukup panjang yang sangat cocok dijadikan sebagai satu jarak yang jauh. Ada juga yang menggunakan satuan mil sebagai satuan jarak.

3.Satuan minimeter adalah salah satu satuan panjang yang sebgai besar digunakan untuk…

a.Kayu
b.Jarak
c.Kertas
d.lintasan

Pembahasan : salah satu satuan dari panjang adalah menimeter merupakan satuan yang cukup kecil. Biasa digunakan sebagai mengukur panjang yang sangat kecil contohnya deameter permata, kertas dan seagainya.

4.Satuan centimeter biasa digunakan sebagai satuan dari

a.kertas
b.Kayu gelonfongan
c.Lintasan
d.papan

Pembahasan : satuan centimeter biasa digunakan sebagai pengukuran baju, panjang papan, meja, dan sebagainya.

5. 23 dekameter jika kita ubah dalam bentuk ke kilometer maka hasilnya adalah…

a.0,23 km
b.0,24 km
c.0,25 km
d.0,26 km

Pembahasan : soal di atas adakah soal mengubah bentuk deka meter kedalam kilometer. Dekameter dalam tangga satuan dekameter berada di bawah 2 tingkat setelah kilometer. Maka akan naik 2 tingkat. Karena naik 2 tingkat maka kita akan membaginya 100. 23 : 100 = 0,23 km.

6.Tentukan hasil pengubahan 24 meter jika diubah ke dalam centimeter….

a.2300 cm
b.2400 cm
c.2500 cm
d.2600 cm

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang mengubah atau mengkonversikan satuan dalam bentuk meter ke dalam satuan centimeter. Maka sebagai berikut :

1 meter = 100 centimeter maka 24 meter = 24 x 100 centimeter = 2400 centimeter.

7.Soni mengukur bangku kelasnya dan hasil pengukuran bangku tersebut didapat 230 centimeter. Berapa meter panjang bangku kelas Soni?

a.2,3 meter.
b.2,4 meter.
c.2,5 meter.
d.2,6 meter.

Pembahasan : soal di atas adalah soal cerita pengubahan satuan panjang. Maka jika diketahui 230 centimeter kita uah dalam meter.

1 centimeter = 1/100 meter maka 230 meter = 230 /100 centimeter = 2,3 meter.

8.Sebuah pencil diukur dengan menggunakan mistar panjang dan panjangnya 25 cm. Seperti gambar disamping.. Berapa panjang pencil jika satuan dari pencil tersebut diubah dalam bentuk minimuter. soal satuan panjang kelas 5

a.230 cm
b.230 cm
c.250 cm
d.260 cm

Pembahasan : soal yang mengubah satuan centemeter ke dalam minimeter,. 1 meter = 10 menimeter. Maka 25 cm = 25 x 10 minimeter = 250 centimeter

 

 

9.Tentukan hasil darikonversi 1200 cm jika kita ubah ke dekameter

a.1,2 dam
b.1,3 dam
c.1,4 dam
d.1,5 dam

Pembahasan : konversi satuan centimeter ke deka meter kita bisa mnggunakan tangga satuan naka untuk mengerjakannya kita perlu tahu dahulu konversi dari cm ke dam. Maka hasilnya adalah 1200 cm = 1200:1000= 1,2 dam

10.25000 cm = ….. meter = ….. hm

a.25 meter dan 2,5 hm
b.250 meter dan 2,5 hm
c.2500 meter dan 2,5 hm
d.250 meter dan 25 hm

Pembahahasan = 25000 cm = 250 meter = 2,5 hm. Maka jawaban yang tepat adalah 250 meter dan 2,5 hm

The post Soal Mengubah Satuan Panjang Kelas 5 SD dan Pembahasan. appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/soal-mengubah-satuan-panjang-kelas-5-sd-dan-pembahasan/feed/ 0 3052
Soal Cerita Konversi Waktu Kelas 5 SD Disertai Dengan Pembahasan. https://isanggar.com/soal-cerita-konversi-waktu-kelas-5-sd-disertai-dengan-pembahasan/ https://isanggar.com/soal-cerita-konversi-waktu-kelas-5-sd-disertai-dengan-pembahasan/#respond Fri, 03 Jul 2020 10:04:20 +0000 https://isanggar.com/?p=3046 Sahabat sanggar, pada pertemuan sebelumya kita telah mempelajari soal-soal tentang konversi waktu. Pada pertemuan kali ini. Kita akan mempelajari soal-soal tentang konversi satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari. Kita telah mengatahui bahwa waktu adalah salah satu tujuh besaran pokok berdasakan yang telah disepakai oleh dunia internasional. Oleh karena itu kita akan membagikan soal cerita sehari-hari yang […]

The post Soal Cerita Konversi Waktu Kelas 5 SD Disertai Dengan Pembahasan. appeared first on isanggar.

]]>
Sahabat sanggar, pada pertemuan sebelumya kita telah mempelajari soal-soal tentang konversi waktu. Pada pertemuan kali ini. Kita akan mempelajari soal-soal tentang konversi satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari. Kita telah mengatahui bahwa waktu adalah salah satu tujuh besaran pokok berdasakan yang telah disepakai oleh dunia internasional. Oleh karena itu kita akan membagikan soal cerita sehari-hari yang berkaiatan dengan konversi waktu :

Baca juga :

Soal Kecepatan (Konversi Waktu) Kelas 5 SD dan Pembahasan
Ulangan harian Operasi Perkalian/Pembagian Pecahan Kelas 5 SD
Soal Pembagian Bilangan Desimal Kelas 5 SD Disertai Pembahasan. 

Soal cerita tentang konversi waktu adalah soal-soal cerita yang termasuk dalam materi kecepatan yang ada pada soal matematika kelas 5 SD. Soal ini berdasarkan kompetensi daasar 3.3 tentang kecepatan dan debit pada kurikulum 2013

Soal ini juga dapat digunakan sebagai bahan belajar adik-adik tentang debit dan kecepaan, serta dapat juga digunakan sebagal bahan ulangan dan tugas harian.

Soal Cerita tentang Konversi Waktu untuk Kelasa 5 SD disertai dengan Pembahasannya.

1.Pagi hari jam 07.30 maka jam berapakah 2 jam setelahnya…

a.09.30 wib
b.10.00 wib
c.10.30 wib
d.11.00 wib

Pembahasaan : soal nomor 1 di aatas adalah soal tentang waktu dalam kehidupan sehari-hari maka untuk mengerjakannya kita hanya cukup menjumlahkan soal di atas. Dengan penjumlahan bersusun seperti berikut :

soal cerita konversi waktu kelas 5

Jadi jawaba yag tepat adalah 09.30 wib

2.Laila pergi kerumah kerumah nenet pada pukul 12.30. jika laila sampai dirumah nenek pukul 14.30. berapa lama laila dalam perjalanan?

a.01.00 wib
b.02.00 wib
c.03.00 wib
d.04.00 wib

Pembahasan : jika Laila berangkat 12.30 dan sampai kerumah nenel pukul 14.30 wib maka lama perjalanan laila kerumah nenek adalah

soal cerita konversi waktu kelas 5

Maka lama waktu yang didalam perjalanan adalah 02.00 wib

3.Ibu memasak air pada jama 20.15 jika air yang dimasak ibu mendidih pada pukul 21.00 berapa lama ibu memasak air.
a.45 menit
b.50 menit
c.55 menit
d.60 menit

Pembahasan : jika ibu mulai memasak air pkul 20.15 dan air matang pukul 21.00 maka lama ibu memasak air adalah 21.00 – 20.15 = 45 menit.

4.Andi pergi bermain pada pukul 14.30. dia baru pulang pada pukul 16.45 berapa lama Andi bermain…

a.02.00 jam
b.02.10 jam
c.02.15 jam
d.02.20 jam

Pembahasan : soal di atas adalah soal yang sama dengan nomor 3 kita akan mencari lama andi bermain. Cara mencarinya adalah dengan mengurangi secara bersusun atau dengan pengurangan biasa.tetapi harus ingat bahwa jam dikuragidengan jam dan menit harus dikurangi dengan menit. Jika menit yang dikurangi menit ada yang kurang maka bisa meminjam ke jam. Maka hasilnya adalah
16.45 – 14.30= 02.15 jam

5.Ibu Rina adalah soarang penjual kue dia biasanya dapat membuat 150 kue bolu dalam 1,5 jam. Jika kue yang sudah dibuat ibu Rina sebanyak 900 kue maka berpa jam ibu Rina telah membuat kue…

a.10 jam
b.11 jam
c.12 jam
d.13 jam

Pembahasan : soal di atas adalah bentuk konversi waktu. Maka dalam pegerjaannya adalah kita akan mengkonversikan dengan peduman 2 jam = 150 maka jika 900 kue …?

soal cerita konversi waktu kelas 5

Jawaban yang tepat adalah selama 12 jam

6.Roni Pergi tamasya ke pasir putih utara. Dia berangkat dari rumahnya pukul 12.00 wib menaiki bis lalu dia sampai keterminal pertama pukul 15.15 wib. Lalu dia berangkat kembali dengan bis yang berbeda selama dua jam hingga dia sampai ke pasir putih. Berapa lama perjalanan Roni dari rumah ke pasir putih?

a.5 jam 15 menit
b.6 jam 15 menit
c.7 jam 15 menit
d.8 jam 15 menit

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang perjalan Roni ke pasir putih. Jadi untuk mengerjakannya maka pertama kita mencari selisihnya terlebih dahulu perjalanan Roni dari runah stasiun. Sama dengan 15.15 – 12.00 = 03.15. setelah itu kita akan tambahkan hasil pengurnagan tersebut 2 jam maka hasilnya adalah 03.15 + 02.00 jam = 05.15 jam. Maka lama perjalanan Roni dari runah ke pasir putih adalah 5 jam 15 menit.

7.Toni berada di sebuah bandara Surabaya dan melihat jam dibawah ini

soal cerita konversi waktu kelas 5

Berapa selisih waktu kota London dan New york?

a.7 jam
b.8 jam
c.9 jam
d.10 jam

Pembahasan : soal di atas adalah soal untuk menentukan selisih abtara kota London dan New York maka jika kota London 9.47 am dan kota New York 4.47 pm maka selisih antara kota London dengan kota New York adalah 4.47 pm – 9.47 am = 16.47- 9.47 pm = 7.00 jam
Selisih waktu dalam kota London dan New York adalah 7 jam.

8.Pada gambar nomor adalah 7 berapakah selilsih waktu abtara kota london dan moscow?

a.3 jam.
b.3 jam.
c.3 jam
d.3 jam.

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang selsih waktu yang ada di dunia sama dengan yang lainnnya. Makaselisih waktu london dan Muscow adalah London 9.47 dan Moscow adalah 12.47 maka selisihnya adalah 12.47-9.47 adalah 3 jam.

9.Jika kita mengikuti pada gambar nomor 7 jika di bandara surabaya pulul 6.47 maka selisih watu kota surabaya dengan Tokyo jika kita konversikan ke dalam bentuk menit adalah….

a.50 menit
b.60 menit
c.70 menit
d.80 menit

Pembahasan : kota surabya 6. 47 dan kota Tokyo 7.47 maka selisih waktu dari kota surabaya dan kota tokyo adalah 7.47 – 6.47 = 1 jam. Jika kita ubah kemenit hasilnya adalah 1 x 60 menit = 60 menit

10.Kumal Pergi Ke Jakarta baik kereta, pertama di berangkat dari stasiun pertama pada pukul 7. 30 wib. Lalu dia turun ke stadiun kedua pukul 12.00. dia menaiki kereta lagi selama 3 1/2 dan sampai di stasiun ke 3 di jakarta. Berapa lama dia berada dalam perjalanan ke jakarta?

a.8.00 jam
b.8.00 jam
c.8.00 jam
d.8.00 jam

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang lama waktu perjalanan Kumal ke Jakarta. Kita Harus menjumlahkan setiap perjanan dari setiap stasiun. Stasiun pertama ke stasiun ke 2 dari 7.30 ke 12.00, Selisih 12.00 – 7.30 = 4.30, setelah itu kita akan menambahkan 3.30 jam maka untuk menjumlahkannya yaitu 4.30 + 3.30 = 8.00 jam.

The post Soal Cerita Konversi Waktu Kelas 5 SD Disertai Dengan Pembahasan. appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/soal-cerita-konversi-waktu-kelas-5-sd-disertai-dengan-pembahasan/feed/ 0 3046
Soal Kecepatan (Konversi Waktu) Kelas 5 SD dan Pembahasan https://isanggar.com/soal-kecapatan-konversi-waktu-kelas-5-sd-dan-pembahasan/ https://isanggar.com/soal-kecapatan-konversi-waktu-kelas-5-sd-dan-pembahasan/#respond Thu, 02 Jul 2020 06:39:40 +0000 https://isanggar.com/?p=3041 Sahabat sanggar, pada bab sebelumnya kita telah mempelajari tentang bab perkalian dan pembagian pecahan untuk kelas 5 SD yang disertai dengan pembahasan. Pada pokok bahasan kali ini kita akan mempelajari bab baru yaitu tentang kecepatan dan debit beserta bagian-bagiannya. Sesuai dengan kompetensi dasar 3.3. menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda. Berdasarkan kurikulum 2013. dalam materi […]

The post Soal Kecepatan (Konversi Waktu) Kelas 5 SD dan Pembahasan appeared first on isanggar.

]]>
Sahabat sanggar, pada bab sebelumnya kita telah mempelajari tentang bab perkalian dan pembagian pecahan untuk kelas 5 SD yang disertai dengan pembahasan. Pada pokok bahasan kali ini kita akan mempelajari bab baru yaitu tentang kecepatan dan debit beserta bagian-bagiannya. Sesuai dengan kompetensi dasar 3.3. menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda. Berdasarkan kurikulum 2013. dalam materi pecahan dibagi jarak dan waktu merupakan besaran pokok yang dari kecepatan agar lebih jelas. kami membagikan soal-soal tentang konversi waktu utuk kelas 5 SD yang disertai dengan pembahasan :

Baca juga :

Ulangan harian Operasi Perkalian/Pembagian Pecahan Kelas 5 SD
Penjumlahan Bilangan Bulat Positif negatif Kelas 6 SD dan Pembahasan
Soal Perbandingan Bilangan Kelas 6 SD dan Pembahasan

Kecepatan adalah jarak persatuan waktu. Sebelum kita mengerjakan kecepatan maka kita pelajari satuan wakti dan jarak. Sebagai pendahuluan, kita akan belajar tentang satuan waktu.

Satuan waktu adalah satuan yang terdapat dalam besaran waktu. contoh dari satuan waktu adalah menit, detik, jam, hari, bulan, tahun dan lainnya. Setiap satuan waktu memilki nilai yang berbeda maka kita bisa mengkonversikannya dalam satuan waltu lainnya. Berikut adalah beberapa konversi satuan waktu yang ada dalam kehidupan sehari-hari :

1 menit : 20 detik 1 hari = 24 jam 1 tahun = 12 bulan
1 jam = 60 menit 1 minggu = 7 hari 1 tahun = 2 semester
1 jam = 3600 detik 1 bulan – 4 mimggu 1 triwulan = 3 bulan

Dan sebagainya. Berikut kami bagika soal-soal kecepatan khususnya komversi waktu untuk kelas 5 SD yang disertai pembahasanya. Soal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar adik-adik dirumah serta dapat digunakan sebagai refrensi ulangan bab kecepatan debit :

Soal Konversi Waktu Kelas 5 SD disertai dengan Pembasannya.

1.Bilangan 2 jam jika kita konversikan kedalam menit hasilnya adalah…

a.120 menit
b.130 menit
c.140 menit
d.150 menit

Pembasan soal di atas adalah soal tentang konversi waktu jam ke menit. Pada konversi waktu biasnya 1 jam = 60 menit maka 2 jam sama dengan 120 menit.

2.Tentukan hasil konversi waktu dari 1,3 jam dikonversikan menit

a.4580 sekon
b.4680 sekon
c.4780 sekon
d.4880 sekon

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang soal konversi waktu dari jam ke sekon. 1 jam = 60 x 60 = 3600 sekon. Maka jawaban tersebut adalah 1,3 jam = …. sekon, 1,3 x 3600 = 4680 sekon.

3.Perhatikan jam tersebut

soal konversi waktu kelas 5

Pada gambar di atas jika kita mengkonversikannya ke dalam sekon jika ke dalam jam 12.00 maka hasilnya adalah ….

a. 3000 s

b. 4500 s

c. 6000 s

d. 6600 s

pembahasan : soal di atas adalah soal gambar yang dikonversikan ke dalam sekon. Maka  jam 10.10 jika kita hitung maka 12.00 – 10.10 = 1.50. Setara sama 110 menit. sama dengan 110 x 60 = 6600 sekon.

4.Tentukan hasil dari konversi waktu 7,32 jam ke dalam sekon.

a.26.325 sekon
b.26.335 sekon
c.26.345 sekon
d.26.355 sekon

Pembahasasn : sama seperti soal-soal sebelumnya, soal di atas adalah soal tentang konversi waktu untuk jam ke sekon. 1 jam = 3600 sekon. Maka 7,32 jam = 7,32 x 3600 sekon = 26.325 sekon

5.Tentukan hasil dari konversi dari 67 hari menjadi sebuah jam

a.1508 jam
b.1608 jam
c.1708 jam
d.1808 jam

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang konversi waktu dari hari ke jam. Maka utuk menyelesaiannya adalah 1 hari = 24 jam. Maka 67 hari = 67 x 24 = 1608 jam.

6.Perhatikan gambar tersbut

konversi waktu kelas 5:

jika setiap titik mewakili 2 jam maka berapa menit semua titik pada gambar tersebut :

a.2400 menit
b.2500 menit
c.2600 menit
d.2700 menit

Pembahasan : soal nomor 6 di atas adalah soal tentang pengubahan waktu dalam bentuk gambar. Maka untuk mengerjakannya. Kita akan mengubah jam ke detik. Sedangkan untuk mengerjakannya maka kita menghitung gambar yang ada dan mengalikannya. Seperti berikut :

20 titik x 2 jam x 60 = 2400 menit.

7.Konversi tiga seteangah hari menjadi jam adalah….

a.84 jam
b.85 jam
c.86 jam
d.87 jam

Pembahasan : 1 hari = 24 jam maka jika 3,5 hari ke jam hasilnya adalah 3,5 x 24 = 84 jam

8.Konversi 1 minggu ke menit adalah…

a.10040 menit
b.10060 menit
c.10080 menit
d.10100 menit

Pembahasan : 1 minggu = 7 hari, 1 hari = 24 jam dan 1 jam = 60 menit. Maka jika 1 minggu ke menit hasilnya adalah 1 x 7 x 24 x 60 = 10080 menit.

9.Tentuakan konversi 2 bulan jika dikonversikan ke dalam bentuk jam

a.360 jam
b.380 jam
c.400 jam
d.420 jam

Pembahasan : Jika bulan dikonversikan kedalam bentuk jam maka hasilnya adalah 1 bulan = 30 hari, 1 hari = 24 jam dapat dikerjakan seperti berikut 30 x 24 = 360 jam

10.Tentukan 12 triwulan jika di ubah ke dalam bentuk hari adalah..

a.1050 hari
b.1060 hari
c.1070 hari
d.1080 hari

Pembahasan : soal di atas adakah soal mengubah trirwulan ke dalam bentuk hari maka untuk 1 triwulan = 3 bulan sedangkan 1 bulan = 30 hari. Maka 12 triwulan = 12 x 3 x 30 = 1080 hari

11.Tentukan 2,5 minggu jika kita lonversikan ke dalam sekon…

a.1512.000 sekon
b.2512.000 sekon
c.3512.000 sekon
d.4512.000 sekon

Pembahasan : 1 minggu = 7 hari, 1 hari = 24 jam, 1 jam = 60 menit, dan 1 menit = 60 sekon.

Maka hasilnya adalah 2,5 x 7 x 24 x 60 x 60 = 1512.000 sekon

12.Tentukan konversi 7.200 sekon ke jam

a.1 jam
b.2 jam
c.3 jam
d.4 jam

Pembahasan : soal di atas adalah mengkonversikan satuan sekon menjadi jam. Maka kita bisa menggunakan kebalikan dari perkalian. Jika 1 jam = 36000 sekon maka 1 sekon = 1: 3600 jam. Seperti berikut :

7200 sekon ke dalam bentuk jam adalah 7200 : 3660 = 2 jam.

The post Soal Kecepatan (Konversi Waktu) Kelas 5 SD dan Pembahasan appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/soal-kecapatan-konversi-waktu-kelas-5-sd-dan-pembahasan/feed/ 0 3041
Ulangan harian Operasi Perkalian/Pembagian Pecahan Kelas 5 SD https://isanggar.com/ulangan-harian-operasi-perkalian-pembagian-pecahan-kelas-5-sd/ https://isanggar.com/ulangan-harian-operasi-perkalian-pembagian-pecahan-kelas-5-sd/#respond Mon, 29 Jun 2020 15:54:01 +0000 https://isanggar.com/?p=3022 Sahabat sanggar pada pokok pelajaran sebelumya kami telah membagikan tentang pembagian desimal kali ini kita akan belajar ulangan harian tentang bilangan pecahan. Pokok bahasan kali ini adalah pokok bahasan bilangan pecahan, pecahan campuran dan pecahan desimal. Dalam menghitung beberapa jenis pecahan terdapat beberapa cara untuk menghitung pecahan. Cara menghitung pecahan dapat di pelajari pada artikel […]

The post Ulangan harian Operasi Perkalian/Pembagian Pecahan Kelas 5 SD appeared first on isanggar.

]]>
Sahabat sanggar pada pokok pelajaran sebelumya kami telah membagikan tentang pembagian desimal kali ini kita akan belajar ulangan harian tentang bilangan pecahan. Pokok bahasan kali ini adalah pokok bahasan bilangan pecahan, pecahan campuran dan pecahan desimal. Dalam menghitung beberapa jenis pecahan terdapat beberapa cara untuk menghitung pecahan. Cara menghitung pecahan dapat di pelajari pada artikel berikut :

Baca juga :

Soal Pembagian Bilangan Desimal Kelas 5 SD Disertai Pembahasan.
Soal Perkalian Bilangan Desimal Kelas 5 SD dan Pembahasan.
Soal Pembagian Pecahan Campuran Kelas 5 SD Disertai Pembahasan.
Soal Penjumlahan Campuran Kelas 5 SD Disertai Pembahasan.

Ulangan operasi bilangan bulat untuk kelas 6 SD sudah disesuaikan dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Soal ini dapat digunakan sebagai bahan belajar adik-adik untuk belajar mempersiapkan ulangan bab pecahan untuk kelas 5 SD. Soal ini dapat juga digunakan sebagai bahan untuk ulangan harian atau tugas bilangan pecahan.

Soal Ulangan Harian Bab Operasi perkalian dan pembagian Pecahan Kelas 5 SD dan Pembahasan.

1.Hasil dari perkalian pecahan 2/5 x 3/15..

a.4/75
b.5/75
c.6/75
d.7/75

Pembahasan : soal di atas adalah contoh dari perkalian suatu pecahan maka untuk meyelesaikannya kita lansung melakukan perkalian cara biasa. Pembilang kali dengan pembilang dan penyebut dikali dengan penyebut. Seperti berikut :

ulangan operasi perkalian pecahan kelas 5

Jawaban yang tepat adalah 6/75

2.Hasil dari 3/7 x 4/5 x 2/6 adalah….

a.21/210
b.22/210
c.23/210
d.24/210

Pembahasan : soal nomo 2 di atas juga sama dengan soal nomor 1 yaitu mengalikan sebuah bilangan. Maka cara menyelesaikannya sebagai berikut :

ulangan operasi perkalian pecahan kelas 5

Maka hasilnya adalah 24/210

3.Tentukan hasil kali dari 4/5 x 12/5 x 12/7

a.576/175
b.576/176
c.576/177
d.576/178

Pembahasan : seperti yang terlihat di atas hasil kali dari bilangan nomor 3 di atas. Perkalian tersebut adalah perkalian tetang pecahan secara rangkap tiga. Caranya kita kalikan 1 persatu atau kita kaliakn sekaligus. Pertama ini adalah mengalikan satu persatu :

ulangan operasi perkalian pecahan kelas 5

Maka hasilnya adalah 576/175

Cara Yang kedua adalah mengalikan kedua pecahan secara sekaligus

ulangan operasi perkalian pecahan kelas 5

hasilnya adalah 576/175

4.Perhatikan gambar dibawah ini

ulangan operasi perkalian pecahan kelas 5

Berapakah hasil kali dari gambar di atas …

a.1/5
b.1/6
c.1/7
d.1/8

Pembahasan : soal di atas adalah soal perkalian dalam pecahan maka dalam mengerjakannya sama dengan cara perkalian biasa seperti berikut :

ulangan operasi perkalian pecahan kelas 5

Maka hasilnya adalah 1/6

5.Tentukan hasil dari pembagian 7/15 dibagi dengan 4/

a.5/10
b.6/10
c.7/10
d.8/10

Pembahasan : soal nomor lima adalah soal tentang pembagian dalam pecahan maka untuk mengerjakan bisa dibaca tentang soal pembagian dan pembahasan untuk kelas 5 SD. Maka hasilnya sebagai berikut :

ulangan operasi perkalian pecahan kelas 5

Maka jawaban yang tepat adalah 7/10

6.Tentukan hasil dari pembagian dari 215/5 : 7/9 : 3/13 adalah…

a.2223/147
b.2223/147
c.2223/147
d.2223/147

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang pembagian campuran rangkap tiga. Untuk mengerjakannya, kita akan mencoba membaginya satu-persatu :

Pertama kita akan mengubah bilangan campuran dahulu menjadi bilangan biasa. Setelah itu baru kita bagikan seperti berikut :

Setelah itu kita kalikan dengan pecahan yang ketika

Maka jawban yang tepat adalah 2223/147

7.Tentukan hasil perkalian dari bilangan 0,056 x 0,34

a.0,001904
b.0,002904
c.0,003904
d.0,004904

Pembahasan : soal nomer 7 adalah soal perkalian antara bilangan desimal.  maka untuk mengerjakannya bisa dilihat pada pengerjaan perkalian bersusun pada artikel sebelumnya. Pengerjaannya sebagai berikut :

0,056 x 0,034 = 0,001904

8.Tentukan hasil perkalian bilngan desimal 2,03 x 2,34 x 4,05 adalah…

a.16, 23831
b.17, 23831
c.18, 23831
d.19, 23831

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang perkalian desimal rangkap maka untuk mengerjakannya kita bisa menggunakan perkalian bersusun. Atau kita kali secara lansung.

2,03 x 2,34 x 4,05 = 19, 23831

Maka hasilnya adalah 19, 23831

9.hasil pembagian bilangan desimal 2,46 : 1,43 adalah….

a.2,5178
b.3,5178
c.4,5178
d.5,5178

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang pembagian bilangan desimal. Maka untuk mengerjakannya kita akan membaginya dengan pembagian boroghpit atau cara lansung . bisa dilihat pada artikel sebelumnya :

2,46 : 1,43 = 3,5178

Jawaban yang tepat adalah 3,5178

10.Tentankan hasil pembagian dari 32,56 dibagi dengan 2,46

a.13, 23
b.14, 23
c.15, 23
d.16, 23

Pembahasan : operasi pembagian bilangan desimal sama dengan operasi nmor sembilan yaitu :

32,56 : 2,46 = 13, 23

The post Ulangan harian Operasi Perkalian/Pembagian Pecahan Kelas 5 SD appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/ulangan-harian-operasi-perkalian-pembagian-pecahan-kelas-5-sd/feed/ 0 3022
Penjumlahan Bilangan Bulat Positif negatif Kelas 6 SD dan Pembahasan https://isanggar.com/penjumalahan-bilangan-bulat-positif-negatif-kelas-6-sd-dan-pembahasan/ https://isanggar.com/penjumalahan-bilangan-bulat-positif-negatif-kelas-6-sd-dan-pembahasan/#respond Thu, 25 Jun 2020 11:09:55 +0000 https://isanggar.com/?p=3016 Sebelumnya kita telah membahas tentang perbandingan bilangan untuk kelas kelas 6 SD. Saat ini kita akan belajar tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk kelas 6 SD. Khususnya operasi penjumlahan bilangan bulat. Dalam melakukan operasi penjumlahan bilangan bulat ada beberapa hal yang perlu sahabat ketahui pada garis bilangan, seperti berikut : Operasi penjumlahan berarti […]

The post Penjumlahan Bilangan Bulat Positif negatif Kelas 6 SD dan Pembahasan appeared first on isanggar.

]]>
penjumlahan bilangan bulat kelas 6 Sebelumnya kita telah membahas tentang perbandingan bilangan untuk kelas kelas 6 SD. Saat ini kita akan belajar tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk kelas 6 SD. Khususnya operasi penjumlahan bilangan bulat. Dalam melakukan operasi penjumlahan bilangan bulat ada beberapa hal yang perlu sahabat ketahui pada garis bilangan, seperti berikut :

  1. Operasi penjumlahan berarti harus menghadap arah yang tetap.
  2. Tanda positif berarti maju.
  3. Tanda negatif berarti mundur.

Simbol operasi penjumlahan adalah bentuk positif (+). Pada pokok bahasan kali ini kita akan menjumlahlan bilangan positif dan bilangan negatif. Bilangan positif jika dijumlahkan dengan bilangan positif hasilnya pasti besar. Hal ini berbeda dengan bilangan positif jika dijumlahakan dengan bilangan negatif maka hasilnya pasti akan lebih kecil. Baca juga :

Berikut adalah soal-soal penjumlahan bilangan negatif dan positif untuk kelas 6 SD yang disertai dengan pembahasannya. Soal ini telah disesuiakan dengan materi kelas 6 SD yang berdasarkan kompetensi dasar Kurikulum 2013. disajikan dalam bentuk sederhana dan dilengkapi dengan pembahasannya. Soal ini bisa dijadikan bahan belajar operasi hitung bilangan. Serta bisa juga digunakan sebagai refrensi bapak ibu guru untuk tugas atau ulangan.

Soal Penjumlahan Bilangan Positif dan Negatif untuk Kelas 6 SD dan Pembahasan.

1.Hasil dari penjumlahan bilangan 12 + 234 adalah… A. 246 B. 247 C. 248 D. 256 Pembahasan : soal penjumalahan bilangan pada nomor 1 di atas adalah soal penjumalahan bilangan positif dengan bilangan positif. Maka hasil dari penjumalahan bilangan ini adalah positif. Maka 12 + 234 = 246 2.Hasil panjumlahan dari -145 + 234 adalah.. A.-89 B. 89 C. 99 D.-99 Penjumlahan bilangan bulat di atas adalah penjumalah bilangan bulat positif dan penjumlahan bilangan bulat negatif. Maka hasilnya sudah dapat ditentukan akan menjadi lebih sedikit. Maka jika -145 + 234 itu sama artinya 234 – 145 = 89. jawaban yang tepat adalah 89 3.Tentukan bilangan 435 + (-134) … A.-301 B.301 C.-401 D.401 Pembahasan : soal nomor 3 di atas adalah soal yang sama l dengan soal nomor 2. maka jawaban yang tepat adalah 435 + (-134) itu sama artinya dengan 435 -134 = 301. maka hasilnya adalah 301. 4.Berapakah hasil dari penjumlahan -154 + (-134) adalah… A. -288 B. 288 C.-298 D. 298 Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang operasi bilangan begatif ditambah dengan bilangan negatif maka. Jika penjumlahan dalam bilangan negatif hasilnya adalah bilangan negatif lebih lebih kecil. -154 + (-134) sama halnya dengan -154 – 134 = -288. maka jwaban yang tepat adalah b. 5.Berapakah hasil dari penjumlahan bilangan -2456 di tambah dengan bilangan -156 A.-2612 B. 2612 C. -2512 D. 2512 Pembahasan : soal di atas adalah soal penjumlahan bilangan negatif dengan biangan negatif. Maka caranya sama -2456 + (-156)= -2456 – 156 = – 2612 6.Tentukan operasi penjumlahan bilangan -34 + (-23)+ 45 A.12 B.-12 C.13 D.-13 Pembahasan : soal nomor 6 di ats adalah soal tentang penjumlahan bilangan bulat negatif ditambah dengan bilangan bulat negatif dijumlahkan lagi dengan bilangan bulat positif. Dengan rangkap tiga maka hailnya adalah -34 + (-23)+ 45 sama dengan 45 -34 -23 = -12. hasilnya adalah -12. 7.Hasil dari penjumlahan bilangan -234 ditambah 12 ditambah dengan -31 adalah.. A.-253 B. 243 C.-253 D.243 Pembahasan : soal nomor 7 sama dengan soal nomor 6 jadi -234 + 12 + (-31) sama dengan 12 -234 – 31 = -253 8.Tentukan hasil dari penjumlahan bilangan -125 + (-245) + (-25) =… A. -295 B. 395 C. -395 D. 495 Pembahasan : soal di atas adalah soal bilangan negatif dijumlahkan dengan bilangan negatif sebanyak tiga kali penjumlahan maka kita akan tiga kali pengurangan. Dalam -125 + (-245) + (-25) sama dengan -125 -245 -25 = -395 9.Linda memilki uang sebesar Rp.100.000,-. lalu digunakan untuk membayar hutang Rp. 20.000,- lalu membayarkan uang minuman sebesar Rp.15.000,- maka sisa uang Linda adalah … A.Rp. 55.000,- B.Rp. 60.000,- C.Rp. 65.000,- D.Rp. 70.000,- Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang operasi pengurangan bilangan bulat pada kehidupan sehari-hari. Untuk mengerjakannya sama dengan mengerjakan bilangan bulat biasa. Seperti berikut Rp. 100.000 – Rp.20.000 – Rp.15.000 sama dengan Rp. 100.000 – Rp.20.000 – Rp.15.000 = Rp. 65.000,- 10.Sahril memilki uang sebesar Rp. 35.000, digunakan untuk membeli buku seharga Rp10.000. kemuadian diberikan ayah sebesar Rp.20.000,- untuk tambahan membeli peralatan sekolah. Setelah itu dia membeli pelatan menulis seharga Rp.25.000 maka sisa semua uang kertas yang yang di miliki sahril adalah A. Rp.15.000 B. Rp.20.000 C. Rp.25.000 D. Rp.30.000 Pembahasan : soal di atas adalah soal cerita tentang penjumlahan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari. Maka untuk mengerjakannya adalah Rp. 35.000 + (- Rp10.000.) + Rp.20.000 + (-Rp.25.000) maka sama halnya dengan Rp. 35.000 – Rp10.000 + Rp.20.000 -Rp.25.000 = 20.000,-. jawaban yang tepat adalah Rp.20.000,-

The post Penjumlahan Bilangan Bulat Positif negatif Kelas 6 SD dan Pembahasan appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/penjumalahan-bilangan-bulat-positif-negatif-kelas-6-sd-dan-pembahasan/feed/ 0 3016
Soal Perbandingan Bilangan Kelas 6 SD dan Pembahasan https://isanggar.com/soal-perbandingan-bilangan-kelas-6-sd-dan-pembahasan/ https://isanggar.com/soal-perbandingan-bilangan-kelas-6-sd-dan-pembahasan/#respond Sat, 20 Jun 2020 10:02:13 +0000 https://isanggar.com/?p=3012 Ssahabat sanggar, setelah kita mempelajari soal-soal tentang pengurutan bilangan pada kelas 6 SD pada artikel sebelumnya. Kita akan mempelajari tentang membandingkan bilangan untuk kelas 6 SD yang disertai dengan pebahasan. Materi membandingkan bilangan pada artikel ini, sama yang telah diulas pada arikel sebelumnya, Materi yang kita bahas dalah membandingkan nilai pecahan dengan tanda pembanding. Tanda-tanda […]

The post Soal Perbandingan Bilangan Kelas 6 SD dan Pembahasan appeared first on isanggar.

]]>
Ssahabat sanggar, setelah kita mempelajari soal-soal tentang pengurutan bilangan pada kelas 6 SD pada artikel sebelumnya. Kita akan mempelajari tentang membandingkan bilangan untuk kelas 6 SD yang disertai dengan pebahasan. Materi membandingkan bilangan pada artikel ini, sama yang telah diulas pada arikel sebelumnya, Materi yang kita bahas dalah membandingkan nilai pecahan dengan tanda pembanding. Tanda-tanda pembanding tersebut yaitu tanda lebih besar (<) tanda lebih Kecil (>) dan tanda Sama dengan (=). Berikut adalah beberapa cara membandingkan bilangan dalam matematika kelas 6 SD.

  • Jika bilangan yang dibandingkan sama-sama positid maka bilangan tersebut dapat dibandingkan secara lansung
  • Jika bilangan yang dibandingkan memiliki nilai positif dan negatif maka bilangan yang memilki nilai positif adalah bilangan yang lebih besar.
  • Jika bilangan yang dibandingkan sama-sama memiliki nilai negatif. Maka bilangan yang lebih kecil adalah bilangan yang terbesar. Lebih jelasnya kita akan mempelajari perbandingan bilangan untuk kelas 6 SD.

Baca juga :

Soal Mengurutkan Bilangan Kelas 6 SD dan Pembahasan.
Soal Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Kelas 6 SD Disertai Pembahasan

Soal ini disertai dengan pembahasannya sehingga sahabat bisa memahmi dengan mudah pelajaran perbandingan biangan soal ini juga berdasarkan dari materi buku kurikulum 2013 untuk kelas 6 SD. Soal perbadingan pecahan dapat digunakan sebagai bahan belajar sahabat di rumah. Bisa juga soal ini sebagai refrensi soal ulangan harian bab bilangan.

Soal Membandingkan Bilangan Untuk Kelas 6 SD disertai dengan pembahasannya.

1.Tanda yang tepat untuk membandingkan bilangan 123…. 124 adalah…

a.<
b.>
c.+
d.=

Pembahasan : dari ke dua bilangan di atas maka lansung kita ketahui bilangan yang lebih besar. Karena ke dua bilangan adalah bilsangan positif maka. Bilangan 123 lebih kecil dari pad bilangan 124. tanda yang tepat adalah a. 123 < 124.

2.Perhatikan bilangan berikut ini :

Tanda yang tepat untuk membadingkan bilangan di atas adalah….

a.<
b.>
c.+
d.=

Pembahasan : soal di atas adalah soal membandingkan ke dua bilangan -21 dan 12. ke dua bilangan tersebut memilki nilai negatif dan positif. Maka untuk mengerjakannya adalah dengan memiliki bilangan positif meski angkanya lebih kecil. Tanda yang tepat untuk melengkapi soal di atas adalah a. <

3.Tanda yang teat untuk mngisi titik antara bilangan -125 ….. -125 adalah…

a.<
b.>
c.+
d.=

Pembahasan : soal nomor 3 di atas sama dengan soal lainnya. Karena kedua bilangan memilki angka yang sama dan sama-sama bernilai negatif maka jawaban yang tepat adalah d. =

4.Perhatikan gambar berikut :

Soal Perbandingan Bilangan Kelas 6 SD

Tanda yang tepat untuk membandingkan gambar-gambar di atas adaah….

a.x
b.>
c.<
d.=

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang membandingkan bilangan dalam bentuk kotak yang tersusun. Jadi untuk mengetahui besarnya bilangan maka kita cukup menghitung banyaknya kotak. Kotak biru berjumlah 5 buah. Sedangkan kotak kuning berjumlah 6 buah. Maka tanda yang tepat untuk melengkapi soal di atas adalah c. <

5.Tuliskan tanda perbandingan pada -12 … -1 dan 9 ….-8

a.< dan >
b.< dan =
c.> dan >
d.+ dan =

Pembahasan : soal di atas adalah soal perbandingan bilangan psitif dan bilangan negatif. Maka jawaban yang tepat adalah a. < dan >

6.Bandingkanlah bilangan berikut

12… 12, 12 …. -12, dan 13…. -14

beri tanda <, = atau > pada titik yang kosong tersebut :

a.12 >12, 12 > -12, dan 13 > -14
b.12 =12, 12 = -12, dan 13 > -14
c.12 =12, 12 <-12, dan 13 > -14
d.12 =12, 12 > -12, dan 13 > -14

Pembahasan : soal di atas sama dengan soal nomor 5 maka jawban yang tepat adalah d. 12 =12, 12 > -12, dan 13 > -14

7.Berilah tanda perbandingan yang tepat pada bilangan 123… -12, 13…14, dan -3…-4

a.>,< dan >
b.>,> dan >
c.<,< dan >
d.>,< dan <

Pembahasan : jawaban perbadingan antara 123 dibanding dengan -12, 13 dibanding dengan 14, dan -3 dibanding dengan -4 adalah a. 123 >-12, 13 < 14, dan -3>.-4

8.Suhu udara di desa adalah 25 derajat celcius sedangakan suhu udara di kota adalah 30 dearjat. Bandingkan ke dua suhu tersebut dan berilah tanda >, < dan =

a.25 = 30
b.25 > 30
c.25 ≤ 30
d.25 < 30

Pembahasan : soal nomor 8 adalah soal cerita perbandingan maka jawaban yang tepat adalah b. 25 < 30

9.Kumal memilki tinggi 125 cm sedangakan Bollin memilki tinggi 120 cm. Beri tanda < atau > atau = perbandingan yang tepat pada ke dua anak tersebut :

a.=
b.>
c.≤
d.<

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentangsoal cerita perbandingan mala untuk mengerjakannya sama dengan soal nomor 8 yaitu b. 125 > 120.

10.Tentukan tanda yang tepat (>,<, dan =) dari perbandingan -12….-32, dan -12…-8

a.-12< -32 dan -12<-8.
b.-12> -32 dan -12>-8.
c.-12< -32 dan -12>-8.
d.-12> -32 dan -12<-8.

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang perbadingan -12 dibanding dengan -32 dan -12 dibandingkan -8. maka jawaban yang tepat adalah -12> -32 dan -12<-8.

The post Soal Perbandingan Bilangan Kelas 6 SD dan Pembahasan appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/soal-perbandingan-bilangan-kelas-6-sd-dan-pembahasan/feed/ 0 3012
Soal Mengurutkan Bilangan Kelas 6 SD dan Pembahasan. https://isanggar.com/soal-mengurutkan-bilangan-kelas-6-sd-dan-pembahasan/ https://isanggar.com/soal-mengurutkan-bilangan-kelas-6-sd-dan-pembahasan/#comments Wed, 17 Jun 2020 11:30:06 +0000 https://isanggar.com/?p=3006 Pada artikel sebelumnya kami telah telah membahas tentang soal-soal membaca dan menulis simbol-simbol bilangan. Saat ini kita akan mempelajari mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat. Pada pelajaran perbandingan bilangan bulat, kita akan membahas soal-soal mengurutkan dan perbandingan bilangan bulat. Dalam mengurutkan bilangan bulat biasanya kita akan ditugaskan mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang paling besar. […]

The post Soal Mengurutkan Bilangan Kelas 6 SD dan Pembahasan. appeared first on isanggar.

]]>
Pada artikel sebelumnya kami telah telah membahas tentang soal-soal membaca dan menulis simbol-simbol bilangan. Saat ini kita akan mempelajari mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat. Pada pelajaran perbandingan bilangan bulat, kita akan membahas soal-soal mengurutkan dan perbandingan bilangan bulat.
Dalam mengurutkan bilangan bulat biasanya kita akan ditugaskan mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang paling besar. Misalnya dari bilangan 1,2,3,4,….. dan seterusnya.

Kita bisa menggunakan bantuan garis bilangan dalam mengurutkan bilangan bulat. Sehingga mengurutkan bilangan bulat jauh lebih mudah. Sedangkan untuk membandingkan bilangan bulat kita mengunakan tanda atau simbol lebih besar = (<), lebih kecil = (>) serta sama dengan = (=), bisa digunakan unttuk perbandingan bilangan. Lebih jelasnya agar sahabat lebih bisa memahami. Kami membagikan soal tentang mengurutkan bilangan bulat yang disertai dengan pembahasannya untuk kelas 6 SD.

Baca juga :

Soal Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Kelas 6 SD Disertai Pembahasan
Soal Ujian Tengah Semester 1 Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawaban.
Soal Ujian Tengah Semester 1 Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawaban.

Soal ini telah disesuiakan dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013. Soal ini dapat adik-adik gunakan untuk belajar materi pengurutan dan perbandingan bilangan dirumah. Serta dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk tugas maupun ulangan materi bilangan untuk kelas 6 SD.

Soal Mengurutkan Bilangan untuk kelas 6 SD yang disertai Pembahasan :

1.Hasil dari pengurutan bilangan berikut ini yang benar adalah…

a.102, 123, 115, 156, 202.
b.102, 123, 145, 136, 202.
c.102, 123, 145, 156, 202.
d.102, 123, 145, 144, 202.

Pembahasan : pengurutan yang bear adalah mengurutan bilangan dari angka yang terkecil ke angka yang terbesar yaitu 102, 123, 145, 156, 202. maka jawaban yang tepat adalah c.

2.Pengurutan bilangan yang tepat adalah…

a.-7,-4,-3,-5,-1,0
b.-7,-4,-5,-2,-1,0
c.-7,-12,-3,-2,-1,0
d.-7,-4,-3,-2,-1,0

Pembahasan : soal nomor 2 di atas adalah soal yang sama dengan soal nomor 1. maka jawbannya adalah -7,-4,-3,-2,-1,0 (D)

3.Perhatikan Gambar Dibawah ini :

soal Mengurutkan Bilangan kelas 6

Bilangan yang tepat untuk melengkapi titik di atas adalah….

a.566, 568 dan 569
b.567, 568 dan 569
c.567, 567 dan 569
d.565, 568 dan 569

Pembahasan : soal di atas adalah soal nama jenis bilangan maka jawaban yang tepat untuk melengkapi titik di atas adalah 567, 568 dan 569. jawban yang tepat adalah b.

4.Perhatikan bilangan berikut . 202,…204, 205,….,….,208, 209. Urutan yang tepat untuk mengisi titik bilangan di samping adalah….

a.203, 206,dan 207
b.202, 206,dan 207
c.203, 205,dan 207
d.203, 206,dan 208

Pembahasan : soal di atas adalah soal sama dengan nomor 3 utuk mengerjakannya kita hanya mengurutkan bilangan yang ada seperti bilangan di atas sepeerti berikut 203, 206,dan 207. yaitu a

5.Perhatikan bilangan berikut ini :

0,-1,1,3,-3,4,-7

Soal pada bilangan di atas jika diurutkan dengan tepat hasilnya adalah…

a.-7,-4,-1,-2,0,1,3
b.-7,-4,-3,-1,0,1,3
c.-4,-7,-3,-1,0,1,3
d.-7,-3,-4,-1,0,1,3

Pembahasan : dalam mengurutkan bilangan kita akan mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yangh terbesar. Tettapi ingat meski ada angka yang besar tetapi jika angka tersebut bilangan negatif maka biangan tersebut adalah bilangan yang terkecil maka jawaban yang tepat adalah b. -7,-4,-3,-1,0,1,3

6.Perhatikan garis bilangan berikut:

456,458,….,462,…., 466,468,….,472

Pada garis bilangan di atas bilangan yang melengkapi titik yang benar adalah….

a.461,464 dan 470
b.460,462 dan 470
c.460,465 dan 470
d.460,464 dan 470

Pembahasan : soal di atas adalah soal yang mengurutkan bilangan yang terdapat pada garis bilangan maka jawaban yang tepat adalah d. 460,464 dan 470.

7.Tentukan urutan bilangan yang tepat dari bilangan -13,-14,-5,-6

a.-14, -13, -5, -6
b.-14, -6, -13, -5
c.-14, -5, -6, -13
d.-14, -13, -6, -5

Pembahasan : soal nomor 7 adalah soal sama dengan soal nomor 6, kita akan mengurutkan dari yang terkecil. jawabannya adalah d. -14, -13, -6, -5

8.Titik-titik yang tepat untuk melengkapi bilangan -12,….,-10,…,….,-7,-6,…-4 adalah

a.-11,-9,-8 dan -5
b.-11,-9,-8 dan -5
c.-11,-9,-8 dan -5
d.-11,-9,-8 dan -5

Pembahasan : bilangan yang dapat melengkapi garis bilangan pada nomor 8 di atas adalah -11,-9,-8 dan -5

9.Perhatikan kotak kotak yang ada dibawah ini:

soal Mengurutkan Bilangan kelas 6

Bilangan yang tepat untuk melengkapi gars yang kososng adalah…

a.-274 dan -275
b.-273 dan -271
c.-270 dan -772
d.-273 dan -272

Pembahasan : soal di atas adalah soal untuk melengkapi bilngan pada kotak kosong. Sesuia dengan urutan bilangan. Maka jawaban yang tepat untuk melengkapi bilangan tersebut adalah -273 dan -271

10.Tentukan urutan dari bilangan -2,-13,-56,2,0,43,25,-45,13

a.-56. -45, -13, 2,0, -2, 13, 25, 43
b.-56. -13, -45, -2,0, 2, 13, 25, 43
c.-45. -56, -13, -2,0, 2, 13, 25, 43
d.-56. -45, -13, -2,0, 2, 13, 25, 43

Pembahasan : dengan mencontoh cara-cara di atas maka kita urutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar yaitu d. -56. -45, -13, -2,0, 2, 13, 25, 43

The post Soal Mengurutkan Bilangan Kelas 6 SD dan Pembahasan. appeared first on isanggar.

]]>
https://isanggar.com/soal-mengurutkan-bilangan-kelas-6-sd-dan-pembahasan/feed/ 1 3006