matematika, SMP

Himpunan Kosong, Himpunan Semesta dan Contoh Soalnya

contoh himpunan kosongHimpunan merupakan bagian dari materi matematika yang mempelajari tentang pengelompokan dan sebagainya. Sobat sanggar pernakah sobat mendengar atau membaca tentang suatu kelompok atau grup yang sudah tidak memiliki anggota sama sekali. Mungkin saat masih duduk di bangku SD atau saat sedangkan les. Jika pernah, sobat telah mempelajari tentang sebuah himpunan kosong? Berikut ini kita akan mempelajari tentang himpunan kosong, himpunan semesta dan contoh soalnya.

Beca juga :

Soal Bab Bilangan disertai Pembahasannya SMP Kelas 7

Anggota, Penyajian, dan Contoh soal Himpunan

Himpunan Kosong.

Dalam sebuah pembahasan bab himpunan. Ada sebuah himpunan yang tidak memiliki anggota sama sekali. Himpunan tersebut dinamakan himpunan kosong. Apakah sobat sudah memahami tentang himpunan kosong? Lebih jelasnya coba simak contoh soal berikut :

Andri mendapat tugas dari guru untuk menulis himpunan bilangan prima antara 20 dan 25. ternyata setelah andri mengerjakan bilangan prima antara 20 dan 25 tidak ada. Maka himpunan yang dicari andri adalah himpunan kosong. karena tidak ada bilangan prima dari 20 sampai 25

Himpunan kosong biasanya ditulis dengan simbol Kurung kurawal saja tidak ada bilangan atau nama anggota didalamnya. Seperti berikut :

Himpunan A = { }

Himpunan Semesta.

Nah, bagaimana dengan himpunan semesta. Himpunan semesta merupakan keseluruhan himpunan yang ada. Untuk lebih jelasnya maka mari kita simak contoh soal berikut :

Rino diberikan tugas oleh guru untuk mencari bilangan prima antara 1 sampai dengan 20. berapa bilangan prima dari 1 sampai 20 :

Pertama ali membuat diagram venn sebagai berikut :

contoh himpunan kosong

Dar gambar diatas dapat disebutkan hasil dari bilangan prima yang dicari ali :

Pertama didapat himpunan semesta S = {1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20} nah ini yang dinamakan dengan himpunan semesta sedangkan bilangan prima yang ada didalam diagram adalah himpunan bagian yang dicari A = {2,5,7,11,13,17,19}

Himpunan semesta biasanya disimbolkan dengan hurus S = {}. dan merupakan keseluruhan himpunan bagian.

Contoh Soal Himpunan Kosong Dan Himpunan semesta:

Berikut adalah sebutkan beberapa himpunan :

a.Himpunan bilangan prima genap
b.Himpunan gajah bisa terbang
c.Himpunan bilangan ganjil habis dibagi dua
d.Himpunan bilangan cacah dari 5 sampai 10
e.Himpuna bilangan genap habis dibagi bilangan ganjil.

Pembahasan :

a.himpunan bilangan prima genap merupakan himpuanan kosong karena bilangan prima merupakan bilangan yang hanya bisa fibagi satu atau hanya bilangan itu sendiri. Maka tdak ada bilangan prima yang genap.

b.Dari hewan gajah didunia tidak satupun yang memiliki sayap jadi himpunan tersebut termasuk himpunan kosong.
c.Semua bilangan ganjil yang dibagi dua selalu ada sisia maka himpunan diatas adalah himpunan kosong.
d.Soal D diatas adalah himpunan bilangan cacah dari 5 sampai sepuluh adalah 5,,6,7,8,910 Maka himpunan tersebut bukan termasuk himpunan kosong
e.Himpunan bialngan genap yang habis dibagi ganjil misalnya bilangan 10 dibagi dengan 5 hasilnya adalah 2. maka himpunan tersebut bukan termasuk himpunan kosong.

2.Tentukan himpunan semesta dari :

A.A = {bebek, ayam, kaka tua, merpati}
B.B = {,3,5,7,11}
C.C = {1,2,3,4,5,6,7}

Pembahasan :

A.Soal diatas adalah soal untuk mencari himpunan semesta dari anggota himpunan A = {bebek, ayam, kaka tua, merpati}. himpunan semestanya adalah A= {hewan yang bertelur}, {bangsa burung}
B. Kita lihat himpunan diatas. Berdasarkan cirinya hewan diatas adalah termasuk bilangan prima. Maka himpunan semesta B = {himpunan bilngan prima}, atau B = {himpuna bilngan ganjil)
C.Dapat dilihat dari soal c diatas himpunan semestanya bisa ditulis C = {himpunan bilangan cacah}, atau {himpunan bilangan lebih dari no dan kurang dari 8}

Demikianlah penjelasan mengenai himpunan kosong, himpunan semesta, beserta contoh soalnya. smoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: