Fisika, SMA

Kecepatan, Kelajuan, Percepatan dan Contoh Soalnya.

Pernahkah kalian melihat sebuah gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari? Pasti teman-teman pernah melihat? Gerak lurus yang dilakukan oleh benda-benda misalnya gerak mobil di jalan raya, gerak kereta api, gerak batu ruang angkasa dan sebagainya. Tapi apakah kalian tahu pengertian dari gerak lurus.

baca juga :

Pil Elektronik Yang Dapat Dikontrol Secara Nirkabel.
Tips Membuat Mesin Waktu.
Teori Sains Tentang Matahari Terbit Dari Barat.

Gerak lurus merupakan gerak yang lintasannya lurus pada satu demensi misalnya gerak kereta cepat, gerak pelari 100 meter dan sebagainya. Dalam gerak lurus kita akan mempelajari kecepatan, kelajuan, kecepatan sesaat, dan percepatan. Kita kan membahasnya satu persatu :

1.Kelajuan dan Kecepatan.

Kelajuan rata-rata merupakan jarak total yang ditempuh dibagi dengan dibagi dengan waktu total benda tersebut untuk bergerak. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut :

Jarak merupakan panjang sebuah lintasan yang ditumpuh oleh suatu benda tanpa melihat arahnya. Jerak termasuk besaran skalar. Sedangkan Kecepatan rata-rata Merupakan perpindahan benda tersebut dibagi waktu yang ditempuh oleh benda tersebut. Secara persamaan matematis dapat ditulis sebagai berikut :

Satuan kelajuan dalam Standar internasional adalah meter perdetik (m/s) biasanya dalam kehidupan menggunakan kilometer/jam (km/jam). Perpindahan merupakan perubahan vektor posisi dari posisi awal ke posis akhir.

Perbedaan antara kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata adalah besaran yang ada pada pada kelajuan dan kecepatan. Kelajuan merupakan besaran skalar sedangkan untuk kecepatan merupakan besaran vektor.

2.Kecepatan Sesaat.

Sekarang kita akan mempelajari tentang kecepatan sesaat, coba teman-teman berlari sebentar dapat 3 meter lalu berhenti. Maka itu bisa disebut juga sebagai kecepatan sesaat. Apa itu kecepatan sesaat
Kecepatan sesaat sering didefinisikan sebagai limit selisih jarak dibagi dengan waktu sesaat. Secara matematis persamaannya dapat ditulis sebagai berikut :

Limit – 0 merupakan turunan dari x maka persamaan dapat ditulis dengan persamaan sebagia berikut :

Besar dari kecepatan sesaat dapat ditulis dibhas dengan melihat gambar Grdien Garis tersebut :

Dari gambar diatas huruf x mewakili jarak yang ditempuh sedangkan huruf t mewakili waktu yang ditempuh oleh jarak benda tersebut. Kecepatan sesaat merupakan kemiringan garis singgung pada gambar di atas. Coba kita amati gambar garis singgung pada grafik diatas. Kecepatan sesaat A terletak pada gradien garis singgung A, kecepatan sesaat B terletak pada kemiringan Garis singgung B, dan kecepatan sesaat C terletak pada kemiringan Garis singgung C.

3.Percepatan

Percepatan dapat diartikan sebagai perubahan kecepatan seiring dengan bertambahnya waktu. Jika kecepatan sesaat benda mengalami pertambahan setiap wakktu. Maka itu bentuk pertambahan percepatan benda. Kecepatan partikel yang berubah dalam setiap waktu dapat ditulis dengan persamaan sebagai berikut :

Jika ada sebuah benda mula-mula diam dan mengalami pertambahan kecepatan 4 m/detik di setiap detik detiknya maka percepatan tersebut adalah 4 m/s2.

Untuk percepatan terhadap waktu (t) maka persamaannya dapat ditulis sebagai berikut :

4. Contoh Soal :

1.Sebuah mobil menempuh jarak 40 km dalam waktu 12 detik. Tentukan lah kecepatan pada mobil tersebut :

Pembahasan :

Diketahui :

S = 40 km
T = 12 jam

Ditanya ;

Kecepatan mobil tersebut (v)…?

Jawab :

Kecepatan merupakan jarak yang dibagi dengan waktu yang ditempuh benda tersebut maka

V = S/t = 40/12 = 3,3 km/jam

Jadi kecepatan dari mobil tersebut adalah 3,3 km/jam

Seorang anak berjalan kesetan yang berjarak 12 m, lalu ia berjalan ke arah timur dengan jarak 24 m. Jika waktu yang adalah 2 menit tentukan kecepatan anak tersebut.

 

Pembahasan :

Diketahui
S1 = 12 m
S2 = 24 m
ttotal = 2 menit = 2 x 60 s = 120 s

Ditanya :

Kecepatan anak tersebut (v)….?
Jawab :

Persamaan untuk mencari soal di atas adalah jarak total yang ditempuh anak tersebut dibagi dengan waktu yang digunakan anak tersebut untuk berjalan sampai pada jarak tersebut.

v = jarak total : waktu total
v = (12 + 24)/ 120 s = 0,3 m/s

Jadi kecepatan anak itu 0,3 m/s

Demikianlah penjelasan mengenai gerak lurus, kecepatan,kelajuan dan percepatan. Jika ada penjelasan maupun penulisan yang salah admin mohon maaf kritik dan saran dapat ditulis dikomentar atau dikirim melalui email : nail@isanggar.com.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: