ipa, SMP

Pengamatan, Pengukuran, Objek IPA dan Contoh Soal.

Berikut adalah materi tentang objek ipa, pengukuran, pengamatan ipa dan contoh soalnya.  Berdasarkan buku BSE dan disajikan secara ringkas  agar teman-teman dapat memahami dengan mudah :

Baca juga :

Operasi Hitung Bilangan Bulat(penjumlahan): Soal dan Pembahasan
Bilangan Bulat : Soal dan Pembahasan
Toturial Membuat media Belajar : Kotak Konveksi pada Gas.

Penyelidikan IPA.

Sekarang teman-teman sudah kelas 7. selamat ya, pada materi ini kita kan mempejari objek IPA. Sebelumnya kita ingat-ingat dulu apa itu IPA? IPA atau ilmu pengetahuan alam merupakan salah satu ilmu Eksak yang mempelajari tentang semua yang ada di alam. Yang menyangkut tumbuhan , bumi, gerak dan sebagainya. Nah, sekarang apa itu objek IPA?

Objek IPA.

Objek ipa Merupakan semua benda-benda yang ada di alam dengan segala interaksinya. meliputi benda-benda mikro seperti, bakteri, virus, partikel, foton dan sebagainya serta benda-benda makro seperti, matahari, bumi, planet, komet dan sebagainya

Pengamatan IPA.

Untuk menentukan objek IPA kita harus melakukan penyelidikan ipa, coba teman-teman selidiki semua benda yang ada di disekitar kita. Misalnya kursi, bangku dan lain-lain. Kursi bentuknya cair, padat atau gas? Bagaimana dengan warnanya atau termasuk benda konduktor apa tidak?

salah satu contoh objek ipa

Untuk melakukan penyelidikan kita harus mengikuti tahap-tahap yang harus dimengerti seperti berikut :

1.Pengamatan : merupakan menggagi informasi atau bisa juga dengan kegiatan mengumpulkan data menggunakan panca indra.
2.Membuat inferensi merupakan salah satu kegiatan yang mengelola hasil dari pengamatan, hubungan-hubungan antar aspek.
3.Mengkomunikasikan hasil pengamatan merupakan salah satu kegiatan yang memberikan informasi dalam bentuk lisan maupun tulisan. Data yang dikomunikaasikan berupa grafik, gambar, bagan dan lain-lain.

Pengukuran Objek IPA.

Pernakah teman-teman mengukur benda-benda disekitar. Seperti panjang pensil atau panjang bangku sekolah dengan jengkal tangan kalian, apakah setiap panjang yang diukur dengan jengkal tangan hasilnya sama? Tentu saja hasilnya tidak sama. Karena jengkal tangan kalian tidak sama.
Bagaimana caranya agar hasil pengukuran kita sama. Agar hasil pengukuran kita sama dibuatlah satuan ukur yang telah ditetapkan secara internasional agar setiap hasil pengukuran besarnya sama.

Pengukuran itu sendiri merupakan kegiatan membandingkan besaran satu dengan besaran yang lain yang dipakai sebagai satuan.

Satuan internasional merupakan sistem metrik yang ditetapkan oleh sekelompok ilmuan di prancis. dalam satuan internasional setiap jenis besar memiliki satuan. Salah satu satuan yang digunakan selalu bersanding dengan besaran pokoknya. Terdiri dari besaran pokok yaitu massa satuannya (kg), panjang satuannya (m), waktu satuannya (s), intensitas cahaya (cd), jumlah zat satuannya (mol), dan kuat arus satuan ampere. Berikut awalan satuan SI dan kelipatannya :

1 SA (satuan astronomi) = 150 juta km

1 tahun cahaya = 9,5 triliun km

Dalam satuan Si kelipatan dari satuan 10 digunakan sebagai pangkat. Yang menjadi patokan dalam satuan Si satuan panjang biasanya adalah meter atau km sehingga semua satuan yang ada diubah kedalam satuan meter atau kilometer.

Contoh Soal :

1.Sebuah atom sebesar 12 mikro meter berapakah besar atom tersebut jika diubah kedalam satuan Si

Pembahasan :

Untuk menjadikan satuan tersebut kedalam SI maka kita ubah dahulu mirometer menjadi meter

12 um = 0,000012 m setelah itu kita kalikan kelipatan sepuluh berpangkat yang dapat mengalikan bilangan tersebut dengan nilai yang sama, maka didapat

0,000012 = 12 X 10-6m

2.Planet mars memliki besar diameter 1.200.000 km tentukan dalam satuan SI

Pembahasan :

Dalam jara maka satuan yang digunkan biasanya adalah kilometer maka kita akan lansung mengubahnya kedalma satuan Si

1.200.000, km = 12 x 105 km

3.Jarak bumi dan matahari adalah 2 SA tentukan satuan Si dari jarak Bumi tersebut

Pembahasan :

Dari soal diats kita harus mengubah Satuan astronomi kedalam km maka

1 SA = 150 juta km
2 SA = 300 juta km = 300.000.000 km kita jadikan satuan SI = 3 x 108 km

Demikianlah penjelasan mengenai objek ipa dan bagaian – bagiannya apabila ada salah dalam penulisan maupun dalam pembahasan admin mohon maaf.

Kritik dan saran dapat ditulis dikomentar atau dikirim melalui email mail@isanggar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *