Pengukuran Sudut Pada Segi Empat kelas 4 SD dan Contoh Soalnya

Setelah kita mempeajari pengukuran udut pada segitiga kita akan mempelajari materi pengukuran sudut pada bangun datar segi empat untuk kea 4 SD yang disertai dengan pembahasannya. Kali ini admin membagikan materi tentang pengukuran sudut pada bangun datar khusus pada bangun datar segi empat dan disertai dengan contoh soalnya. Maka soal kali ini disesuaikan dengan kompetensi dasar kurikulum terbaru.

Baca juga :

Materi Pengukuran Sudut Segitiga Kelas 4 Disertai Contoh Soal
Soal Pengukuran Sudut Pada Bangun Datar Tidak Beraturan Kelas 4
Soal Macam-macam Bentuk Penyajian Data Kelas 4 Disertai Pembahasannya

Soal bangun datar dapat dijadikan bahan belajar adik-adik atau refrensi soal ulangan bagai bapak/ibu guru.

Pengukuran Sudut Pada Bangun Datar Segi Empat.

Bangun datar segi empat adalah bangun datar yang memilki empat sisi dan empat sudut. Bangun datar memiliki sifat-sifat sudut yang dapat diketahui tanpa mengukurnya mengunakan penggaris busur. Kecuali bangun datar tidak beraturan. Berikut pengukuran dan cara menghitung sudut bangun datar yang dapat diketahui besar sudutnya tanpa dengan menggunakan penggaris busur. Jumlah sudut pada segi empat adalah 360o atau du kalinya jumlah sudut segitiga. jadi salah satu sudut dapat dicari dengan mengurungi jumlah sudut pada segi empat yaitu 360o.

Pengukuran sudut Pada Persegi

Persegi merupakan bangun datar yang berbentuk segi empat yang memiliki sisi sama panjang dan sudut sama besar. Persegi tidak perlu diukur dengan menggunakan penggaris busur kita cukup mengetahuinya berdasarkan sifat-sifat dari persegi tersebut :

Sifat-sifat yang dimiliki persegi adalah setiap sudut pada persegi besarnya adalah 90o atau sudut siku-siku.
Memiliki sisi yang sama panjang. Dapat dilihat pada gambar di berikut :pengukuran sudut segi empat kelas 4

Dari gambar di atas dapat diketahui persegi memiliki 4 buah sudut yang besarnya sama yaitu 90o.

Pengukuran Sudut Pada Persegi Panjang.

Dalam pokok bahasan pengukuran sudut pada persegi panjang. Kita bisa mengetahui besar sudut yang dimiliki oleh persegi panjang melalui sifat-sifatnya. Persegi panjang adalah salah satu bangun datar yang memiliki empat sudut yang sama besar yaitu 90o sama dengan persegi. perbedaannya adalah sisi-sisi pada persegi panjang tidak sama panjang. Persegi panjang memiliki 2 sisi sejajar yang sama panjang. Berikut gambar dari persegi panjang :

pengukuran sudut segi empat kelas 4

Dari gambar di atas sudut-sudut yang dimiliki persegi panjang besarnya 90o atau sudut siku-siku.

Pengukuran Sudut Pada Segi Jajar Genjang.

Jajar genjang adalah bangun datar segi empat yang memiliki 2 sudut tumpul dan 2 sudut lancip. Dapat dilihat pada gambar berikut :

pengukuran sudut segi empat kelas 4

Pada gambar di atas untuk mencari kita dapat mengetahui besar sudutnya adalah yaitu ada pada sudut yang berhadapan satu sama lain. Tanda di atas menunjukkan besar sudut yang sama.

Pengukuran Pada Belah Ketupat.

Belah ketupat adalah bangun datar mirip dengan persegi. Sama halnya dengan jajar genjang belah ketupat memiliki 2 sudut tumpul dan 2 sudut lancip yang berhadapan satu dengan yang lain. Perhatikan gambar berikut :

pengukuran sudut segi empat kelas 4

Jika kita mencari salah satu sudut belah ketupat atau bangun datar lainnya. Yaitu dengan mengurangi jumlah sudut pada belah ketupat 360o dengan sudut yang telah diketahui sebelumnya. jumlah sudut yang segari adalah 180o

Pengukuran Sudut Pada lanyang-layang

Bangun datar layang-layang hampir mirip dengan dengan persegi panjang dan jajar genjang yaitu memiliki dua sisi yang sama panjang. Bentuk dari persegi panjang adalah sebagai berikut :

pengukuran sudut segi empat kelas 4

Dari gambar di atas dapat diketahui layang memiliki sudut-sudut yang berhadapan sama besar.

Pengukuran Sudut pada Trapesium

Bentuk dari bangun datar trapesium hampir mirip dengan persegi panjang yang hanya memiliki sepasang sisi sejajar. Dapat dilihat pada gambar berikut :

pengukuran sudut segi empat kelas 4

Pada trapseium sudut -sudut di antara sisi yang sejajar jumlahnya adalah 180o.
Dan jumlah semua sudut pada trapesium adalah 360o.

Contoh Soal Pengukuran Datar Segi Empat.

Perhatikan gambar bangun datar layang-layang di bawah ini :

Dari gambar di atas besar sudut bcd adalah ..

pengukuran sudut segi empat kelas 4

Jawab : soal diatas adalah soal tentang bangun layang-layang. Perhatikan soal ditas sudut bad sama dengan sudut dcd maka kita dapat menulisnya dengan 2 sudut bcd. Lebih jelasnya kita kerjakan

Maka 360o = sudut abc + adc + bad +bcd
360o = 2 sudut abc + 2 sudut bcd
360o = 2 x 30 + 2 sudut bcd
360o = 60o + 2sudut bcd
2 sudut bcd = 360o -60o
Sudut bcd = 300o : 2
Sudut bcd = 150o

Tinggalkan Balasan