Soal Jaring-jaring Bangun Ruang Kelas 5 SD Beserta Pembahasannya

Setelah kita mempelajari bangun ruang. Maka saatnya kita mempelajari tentang jaring-jaring bagun ruang. Bangun ruang sendiri adalah bangun yang berbentuk tiga dimensi berbeda dengan bangun datar. Bangun ruang bisa dilihat dari atas, depan dan samping, sedangkan bangun hanya dilihat dari depan saja. Sedangkan jaring-jaring bangun ruang adalah bagian sisi bangun ruang bisa dirangkai menjadi sebuah bangun ruang.

bca juga :

Soal Bangun Ruang(tabung dan Kerucut) untuk kelas 5 Disertai Pembahasan
soal Ulangan Bangun Ruang(Prisma dan limas) Kelas 5 beserta Pembahasannya

Berikut ini admin membagikan soal jaring-jaring bangun ruang untuk kelas 5 SD beserta pembahasannya. materi ini disesuaikan dengan kompetensi dasar menentukan jaring-jaring bangun ruang sederhana. Berdasarkan kurikulum terbaru. Sebagi bahan belajar adik-adik atau sebagai bahan refrensi ulangan bapak/ ibu guru. Semoga bisa bermanfaat.

Soal Jaring-jaring Bangun Ruang Beserta Pembahasannya

1.Perhatikan gambar berikut :

ğ

soal jaring-jaring bangun ruang kelas 5

Gambar diatas adalah gambar jaring-jaring bangun ruang

Pembahasan :soal di atas adalah soal untuk mencari bangun ruang yang dapat dirangkai oleh gambar jaring-jaring diatas. Bagaimana jika terdapat soal seperti ini. Pertama kita harus bisa merangkaian menggunakan imajinasi kita.
Coba kita rangkai dan tekuk setiap garis yang membatasi jaring-jaring tersebut. Jika adik-adik merangkai dengan benar maka jaring-jaring tersebut adalah termasuk jaring-jaring bangun ruang balok.

2.Sebuah jaring-jaring kubus memiliki sisi sebanyak?

 

Pembahasan : soal diatas adalah soal untuk jaring-jaring bangun ruang kubus. Sama halnya dengan sisi kubus. Maka banyak sisi pada jaring-jaring kubus adalah 6 buah.

3.Perhatikan gambar dibawah ini

soal jaring-jaring bangun ruang kelas 5

Dari gambar diatas yang merupakan jaring-jaring kubus yang tepat adalah

Pembahasan : soal nomor 3 diatas adalah mencari jaring-jaring kubus yang tepat.
a.Gambar yang pertama bukan termasuk jaring-jaring kubus. Jika kita rangkai maka membentuk sebuah bangun kubus tetapi tidak memiliki atap. Jadi tidak termauk jaring-jaring kubus.
b.Gambar ke dua adalah jaring-jaring kubus. Gambar b ini biasanya keluar dalam idalam ujian nasional. Jika kita rangkai aring-aring tersebut maka akan membentuk sebuah bangun kubus.
c.Gambar ketiga adalah bukan jaring-jaring kubus. Coba kita rangkai maka hasilnya adalah sisi kirinya panjangnya lebish lebar. Dan tidak memiliki sisi yang lain.
d.Gambar jaring-jaring bangun ruang pada huruf d adalah termasuk jaring-jaring bangun ruang kubus. Coba kita rangkai maka jaring-jaring tersebut akan membentuk sebuah kubus.

4.Perhatikan gambar dibawah ini bagian yang berwarna jika dirangkai akan menjadi sisi dari bangun ruang?

soal jaring-jaring bangun ruang kelas 5

Pembahasan : soal nomor 4 di atas adalah soal mennetukan tempat sisipada jari-aring kubus tersebut. Jika dirangkai maka sisi yang memiliki warna biru laut berada di atas bangun kubus. Jadi warna pada jarisng-jaring kubus diats adalah atap kubus.

5.Dari gambar di bawah ini. Gambar yang berwana kuning jika dirangkai menjadi sisi bagian?

soal jaring-jaring bangun ruang kelas 5

Pembahasan : soal nomor 5 sama halnya dengan soal nomor 4 yaitu soal mencari letak sisi berwarna. Maka jika kita rangkai jaring-jaring balok diatas sisi yang berwarna biru laut mennempati sisi samping balok. Jadi awabannya sebagi sisi samping.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *