Soal Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Kelas 6 SD Disertai Pembahasan

Sahabat sanggar, kali ini kita sudah memasuki tahun ajaran baru semester 1. sekarang sahabat sudah kelas 6 SD dan materi matematika saat ini sudah sampai ke bab baru yaitu bab penulis bilangan bulat beserta lambang-lambangnya. Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat posistif dan bilangan bulat negatif. Bilangan bulat positif terdiri dari bilangan cacah dan juga bilangan asli. Sedangkan untuk bilangan bulat negatif biasanya bilangan bulat yang memilki lambang negatif dan terletak disebelah kiri 0 pada garis bilangan.

Baca juga :

Soal Ujian Tengah Semester 1 Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawaban.
Soal Tematik 6 (tempo nada dan keragaman Beragama) Kelas 4 dan Pembahasannya
Soal UAS Bahasa Daerah semester 1 Kelas 6 SD

Bagaimana menulis bilangan bulat? Berikut ini kami membagikan soal-soal tentang bilangan bulat untuk kelas 6 SD yang disertai dengan pembahasannya. Soal ini dibuat berasal dari materi bilangan bulat berdasarkan kompetensi dasar yang disesuiakan dengan kurikulum 2013. soal ini dapat digunakan sebagai media belajar dan bisa juga digunakan bapak/ibu sebagai bahan ulangan harian atau tugas bilangan.

Soal Membaca dan Menuslis lambang Bilangan Bulat Kelas 6 SD Disertai dengan Pembahasan.

1. Bilangan bulat terbagi menjadi 2 yaitu

a.Bilangan cacah dan bilangan asli
b.Bilangan bulat positif bilangan buat negatif
c.Bilangan bulat majemuk bilangan bulat tunggal
d.Bilangan identitas dan bilangan asli

Pembahasan : seperti yang telah disinggung di atas bilangan bilangan bulat dibagi menjadi 2 yaitu bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Jawaban yang tepat adalah b

2.Berikut ini yang termasuk bilangan bulat psositif adalah….

a.1, -2, 2,3. -2
b.1,-2,0,34,12
c.1,6,,7,9,10.12
d.3,-8,9,12,13,15

Pembahasan : soal di atas adalah kita mencari bilangan positif. Bilangan positif biasanya terletak disisi kanan ggaris bilangan dan tidak memiliki simbol negatif. Dari pilihan yang ada di atas maka jawaban yang tepat adalah b.

3.Bilangan negatif bisanya digunakan pada..

a.Jarak
b.Suhu
c.Kecepatan
d.meteran

Pembahasan : sebenarnya bilangan negatif memilki nilai yaitu digunakan sebagai pengukuran pada suhu. Bilangan negatif biasanya digunakan termometer yang suhunya lebih kecil dari pada nol derajat celcius. Maka jawaban yang tepat adalah b. suhu

4.Bilangan bulat positif sering disebut juga sebagai bilangan …

a.Asli
b.Bulat
c.Cacah
d.Prima
Pembahasan : biangan bulat yang memiliki nilai positif sering disebut juga sebagai bilangan asli. Maka jawabn yang tepat adalah a.

5.Bilangan bulat positif yang diawali dari 0 disebut….

a.Bilangan bulat
b.Bilangan cacah
c.Bilangan asli
d.Bilangan prima

Pembahasan : bilangan bulat positif yang diawali dari nol disebut dengan bilangan cacah. Jawaban yang tepat adalah b.

6.Perhatikan garis bioangan berikut ini

soal menulis lambang bilangan kelas 6

Bilangan yang ditunjuk pada garis bilangan adalah

a.-2,-1,0,1,2,3,4
b.-1,0,1,2,3,4,5
c.0,1,2,3,4,5,6,
d.1,2,3,4,5,6,7,

Pembahasan : soal di atas adalah soal tentang bilangan yang terdapat pada garis bilangan. Maka seperti yang ditandai. Jawban yang tepat adalah -2,-1,0,1,2,3,4 yaitu a.

7.Suhu yangterdapat pada kutub utara adalah 12 dibawah 0 derajat selcius. Berarti suhu yang terdapat pada kutub utara adalah

a.8 celcius
b.Di atas 8 celcius
c.-8 celcius
d.Dibawah -8 celcius

Pembahasan : pada suhu dibawah 8 celcius bisa ditulis atau disebut juga dengan suhu -8 celcius. Jawaban yang tepat adalah c.

8.Sebutkan bilangan ke lima sebelum bilangan 2

a.1
b.-1
c.-2
d.-3

Pembahasan : pada garis bilangan lima bilangan sebelum bilangan ke dua secara berurutan adalah 1,0,-1,-2,-3 maka bilangan ke lima ebalum bilangan ke 2 yaitu

9.-9 jika dibaca dengan verbal adalah…

a.Sembilan
b.Positif sembilan
c.Negatif sembilan
d.Strip sembilan

Pembahasan : pada penentuan lambang bilangan bulat. -9 dibaca negatif sembilan. Jawaban yang tepat adalah c. negatif sembilan.

10.Sebuah kapal selam turun menuju ke asar permukaan laut. Hingga kedalaman 435 meter dibawah permukaan laut. Bilangan 435 dapat ditulis?

a.-435
b.+435
c.435
d.+-435

Pembahasan : soal di atas sama dengan soal nomor 7 maka cara penyelesainya juga sama. Ke dalaman 435 dibawah permukaan laut = -435. maka jawaban yang tepat a.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *