Soal-soal Kolegatif Larutan Fraksi Mol Untuk Kelas 12 dan Pembahasan.

soal fraksi mol kelas 12

Sabahat sanggar kali ini kami akan membagikan soal-soal tentang fraksi mol untuk SMA kelas 12 yang disertai dengan pemahasan. Soal ini disesuaikan dengan kompetensi dasar berdaasarkan kurikulum terbaru.
Sifat Kolegatif larutan adalah sifat larutan yang tidak dipengaruhi jenis zat terlarut tetapi dipengaruhi dengam konsentrasi dari larutan tersebut. Sedangkan satuan dari konsentrasi yang digunakan dan menentukan sifat dari kolegatif larutan adalah fraksi mol dan molaritas

Baca juga :

Contoh Soal Dimensi 3 Jarak Titik Ke Garis Kelas 12 Disertai Pembahasan
Soal Arus Listrik Untuk Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 dan Pembahasan
Macam-macam Teori Tentang Perjalanan Waktu.

Fraksi mol adalah perbandingan antara jumlah mol daris suatu zat A terhadap keseluruhan molekul pada zat tersebut. Untuk lebih bisa mempelajari tentang fraksi mol maka sahabat mempejari pada soal-soal berikut :

Soal-soal sifat koligatif larutan untuk kelas 3 SMA yang disertai dengan pembahasannya.

1.Sifat larutan yang tidak dipengaruhi oleh banyaknya larutan tetapi dipengaruhi oleh tingkat konsentrasi larutan tersebut adalah…

a.sifat kolefatif larutan
b.Fraksi mol
c.Mol
d.molaritas

Pembahasan : soal di atas adalah soal untuk dari pengertian sifat kolegatif larutan. Maka sifat larutan yang dopengaruhi oleh konsentrasi larutan disebut sifat kolefatif larutan.

2.Berikut satuan-satuan konsentrasi yang digunakan untuk menentukan sifat kolegatif larutan adalah …

a.sifat kolefatif larutan
b.Fraksi mol dan molaritas.
c.Mol
d.molaritas

Pembahasan : satuan konsentrasi yang menentukan dari sifat kolegatif larutan adalah fraksi mol dan molaritas.

3.Sebuah larutan gula dalam air yang diuat dari 300 g dan massa moratias terlaritas adalah 78 mol-1 jumlah mol masing-masing zat!

a.2,9 mol.
b.3,9 mol.
c.4,2 mol.
d.5,6 mol.

Pembahasan : soal di atas adalah soal untuk menentukan mol dalam suatu larutan maka untuk mengerjakannya sebagai berikut :

Soal mencari mol dari larutan adalah massa dibagi dengan masa moralitas larutan maka dapat diketahui :

Mol = massa/Mr = 300/78 = 3,9 mol. Maka jawaban yang tepat adalah 3,9 mol.

4.Sebuah glukosa dilarutkan ke dalam air yang memiliki massa 100 g dan masa relatif 46 mol-1. jika massa air 400 g dan massa relatifnya adalah 76 mol-1 maka tentukan fraksimol pada glikosa tersebut?

a.0,18
b.0,29
c.0,34
d.0,45

Pembahasan : soal di atas adalah soal untuk mencari fraksi mol dari larutan glukosa dalam air maka untuk mencarinya adalah dengan rumus sebagai berikut :

soal fraksi mol kelas 12

Maka untuk mencari sebuah fraksi mol glukosa kta akan mencari dahulu mol glukosa dan mol dari air sebagai berikut:

 

Mol glukosa = massa glukosa/mr glukosa = 100/46 = 2,17. Sedangkan untuk mol air = massa air/mr air = 400/76 = 5,26 mol. Maka fraksi mol dapat diketahui sebagai berikut :

soal fraksi mol kelas 12

Jawaban yang tepat adalah 0,29

5.Tentukan frasksi mol dari larutan HCL dengan massa 250 g dan mr = 48 mol-1 dan dilaritkan ke dalam air yang memiliki massa 500 g dan mr = 76 mol-1 adalah…

a.0,2
b.0,4
c.0,6
d.0,8

Pembahasan : soal di atas sama dengan soal nomor 4 maka untuk mencari fraksi mol kita akan menvari mol masing-masing zat terlarut dan zat pelarut maka dapat diketahui. Sebagai berikut :

Mol HCL = massa HCL/mr HCL = 250/48 = 5,2. Sedangkan untuk mol air = massa air/mr air = 500/76 = 6,8 mol. Setelah kita mengetahui mol mol masing-masing larutan dan pelaruit. Maka fraksi mol dapat diketahui sebagai berikut :

soal fraksi mol kelas 12

 

Kawaban yang tepat adalah 0,4

6.Dari soal nomor 5 di atas maka untuk nilai fraksi mol pelarut air adalah….

a.0,4
b.0,6
c.0,8
d.1

Pembahasan : soal di atas adalah soal untuk mencari fraksi mol pelarut maka kita dapat menggunakan persamaan fraksi mol terlarut + fraksi mol terlarut = 1.
Sebagai berikut :

fraksi mol terlarut + fraksi mol perlarut = 1.
0,4 + fraksi mol perlarut = 1.
fraksi mol perlarut = 1 – 0,4 = 0,6
Maka jawaban yang tepat adalah 0,6

Tinggalkan Balasan